DetikTravel

Angin timur tanimbar kei

Jejak Petualang - d'Traveler - Rabu, 08/10/2014 15:50:24 WIB
detikTravel Community -  

Sudah hukum alam jika bumi senantiasa berotasi pada porosnya, sekaligus berevolusi mengelilingi matahari. Hasilnya akan ada fenomena alam  yang terjadi pada belahan bumi di bagian selatan dan utara. Mulai dari  perbedaan malam dan siang, perubahan musim, hingga pembelokan arah angin, tergantung posisi bumi terhadap matahari.

 

Indonesia merupakan daerah monsoon (muson) yang terletak diantara benua asia dan australia, dimana pada periode juni sampai agustus terjadi musim dingin dibelahan bumi selatan. Pusat tekanan udara dari australia akan naik dan menyebabkan berhembusnya angin timur menuju daratan indonesia. Selama itu pula  perairan laut arafuru dan laut banda mengalami upwelling dan percampuran massa air.

 

Akibatnya terjadi pengkayaan nutrien fitoplankton pada permukaan perairan yang mendukung tingginya produktivitas berkembangbiak beragam jenis ikan plagis seperti exocoetidae alias ikan terbang. Ikan terbang dalam melakukan proses pemijahan meletakan ribuan telurnya pada benda terapung, seperti rumpon seperti milik om angki.

 

 

Butuh keahlian untuk dapat melepas rumpon dalam situasi laut bergelombang besar, 40 rumpon bisa dilepaskan dari kapal inidan akan semakin banyak jika menggunakan kapal yang lebih besar. Nantinya rumpon-rumpon ini akan hanyut mengikuti arus, sementara kapal ini akan mengikuti pergerakan rumpon-rumponnya hingga saat panen tiba pada keesokan hari.

 

 

Untunglah meskipun bergelombang saat ini arus laut tidak sebesar saat melepas rumpon sehingga proses mengangkat rumponnya tidak terlalu sulit. Telur ikan berkualitas ekspor ini selalu menjadi primadona pasar asia seperti  jepang dan china.

 

 

Tidak lengkap rasanya kalau di tanimbar kei ini tidak menyusuri hutannya. meskipun tidak tanggung tanggung hutan tropis ini memiliki luas 500 ribu meter. Buah raja adalah tanaman purba yang berumur sekitar 240 tahun. Bernama latin cycas zambalensis buah raja masuk dalam kelompok cycadaceace yang merupakan salah satu jenis pakis haji. Tumbuhan berbiji terbuka ini tersebar di sepanjang asia tenggara afrika timur hingga australia bagian utara. Pohon buah raja mirip kelapa sawit dengan pertulangan daun sejajar batangnya tidak bercabang daun majemuk dan tersusun sebagai tajuk di pucuk pohon.

 

 

Semua bagian buah raja dapat dimanfaatkan, daun mudanya dapat dimakan sebagai sayur batangnya dapat menghasilkan sagu. Bahkan getah tanaman ini juga berkhasiat sebagai obat disentri dan daunnya untuk pembersih darah bagi ibu paska melahirkan. Saloi mama sudah terisi buah raja, saatnya kami mengolah buah dari tanaman yang banyak manfaatnya ini.

 

 

Buah raja mengandung bahan beracun sikasin yakni senyawa metilazoksi-metanol  dari ikatan organik yang disintesa atau dihasilkan dari metabolisme tumbuhan ini. Perendaman ini merupakan cara untuk mengurangi bahkan menghilangkan kandungan racun. Kandungan garam dalam air asin dan mineral air tawar dapat merusak dan melarutkan senyawa kimia berbahaya yang ada dalam biji buah raja. Tepung buah raja  dapat menghasilkan berbagai macam makanan. Hanya diperlukan beberapa bahan tambahan panganan khas tanimbar kei untuk dapat menikmatinya.

 

 

Indonesia dengan garis pantai lebih dari 95 ribu kilometer, menjadi negara dengan pantai terpanjang keempat di dunia, setelah amerika serikat, kanada dan rusia. Kami pun menuju kawasan pantai yang cukup jauh dari bibir desa guna menemukan ekosistem yang aman dari pengaruh hilir mudik ketinting dan nelayan desa.

 

 

Bermodalkan kejelian mata kami menelisik sela-sela batu karang memulai percarian. Benar saja, tidak perlu waktu lama om david sudah mendapatkan abalone yang sering dikenal dengan siput balik batu. Semakin jauh menjelajah ujung negeri, semakin  tak terbantahkan betapa kayanya bumi ibu pertiwi ini. Hanya butuh kearifan masyarakat yang tidak berlebihan dalam memanfaatkan alam demi keberlangsungan ekosistem darat dan perairan.

 

 

 

 

 

 


Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com