DetikTravel

sengatan berbuah manis

Jejak Petualang - d'Traveler - Rabu, 08/10/2014 16:58:22 WIB
detikTravel Community -  

Berkah yang diberikan alam kepada satu keluarga di desa loli kupang nusa tenggara timur ini memang unik, berawal dari ketekunan seorang pendeta yang berdoa agar pohon-pohon besar di sekitar rumahnya dihinggapi oleh lebah penghasil madu alhasil doa terkabul dan kini menjadi mata pencaharian masyarakat yang sangat sakral di tahap awal pengerjaannya. Memang layak untuk disyukuri apa yang telah diberikan sang pemilik alam,  berkah sarang lebah madu yang mencapai ratusan dalam satu pohon bukan hal biasa bagi setiap orang. sebagai balasan mereka sangat menjaga lingkungan agar lebah betah tinggal. Takjub serta terasa aura magis yang tergambar dari ritual yang mereka lakukan, lengkingan suara panggilan dari nyanyian yang berisi pujian kepada nenek moyang dan para lebah sendiri.

 

 

 

Semua urutan ritual yang saya ikuti bermaksud untuk meminta keselamatan kepada leluhur, agar terhindar dari sengatan lebah ganas dan meminta agar hasil panen berlimpah. Peralatan yang dibawa sederhana saja, sebuah ember dan tali tambang 50 meter serta yang paling penting adalah sabut kelapa yang dibentuk seperti obor. puji-pujian berupa nyanyian dengan suara melengking menjadi tanda dimulainya panen madu.

 

 

 

Bukan tidak beresiko panen madu di siang hari, ancaman ribuan lebah jenis apis dorsata yang terkenal ganas jadi perhitungan sendiri. gerakan nya lebih agresif dibanding lebah lai, jarak tempuh kejar sasaran mencapai lima kilometer hingga sasaran sengat masuk ke dalam air mereka akan tetap menunggu di permukaan air. Pelan-pelan dan sangat hati-hati sang pengambil madu mulai memotong sarang yang menggantung di batang pohon, dengan sebuah ember sarang tersebut dipotong jadi beberapa bagian.  saya bergegas menyambutnya di bawah.

 

 

 

Saya menghampiri sang pengambil madu, penasaran dari sekian banyak lebah yang bertebaran tidak ada sama sekali sengatan yang mendarat di kulitnya. Madu merupakan makanan bergizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, mengandung berbagai vitamin dan  mineral, serta enzim yang dibutuhkan tubuh. Madu hutan memiliki kandungan air yang lebih tinggi karena berada dalam ruang terbuka, sehingga langsung terpengaruh iklim. lebah jenis apis dorsata adalah jenis lebah yang  paling produktif menghasilkan madu/,penyebarannya hanya ada di benua asia.

 

 

Selain dikenal negara agraris indonesia juga menyandang negri bahari, dengan luas perairan mencapai dua pertiga dari luas keseluruhan berlimpahnya kekayaan di kedalaman laut menjadi berkah bagi masyarakat pesisir. Di salah satu teluk bagian timur ntt, tepatnya di desa tablolong kupang barat merupakan gudang penghasil rumput laut, masyarakatnya menggantungkan hidupnya dari hasil alam di laut, salah satunya rumput laut. Rumput laut dikenal pertama kali oleh bangsa cina, sekitar tahun 2700 sebelum masehi. awalnya banyak digunakan untuk sayuran dan obat-obatan. kemudian berkembang menjadi bahan baku kosmetik, di beberapa negara eropa rumput laut dijadikan bahan baku pembuatan gelas. Wilayah sebaran jenis rumput laut di indonesia tersebar diseluruh kepulauan, untuk rumput laut yang tumbuh alami terdapat di hampir seluruh perairan dangkal yang mempunyai rataan terumbu karang.

 

 

Setelah siap dipasang dalam bentangan tali sepanjang lima puluh meter bibit rumput laut pun dibawa ke tengah-tengah ladang menggunakan sampan kecil, Faktor yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan jenis ini yaitu cukup arus deras dengan kadar garam yang stabil. Banyak cara penanaman rumput laut, salah satunya yang dilakukan mama dan saya ini merupakan metode lepas dasar. mengikatkan benih rumput laut pada rentangan tali nilon atau jaring di atas dasar perairan dengan menggunakan pancang berupa batu dan kayu.

 

 

 

Tidak sekedar cuma ditanam lalu ditunggu hingga panen, namun pengawasan terhadap kondisi perairan sangat penting biasanya dilihat tiap 2 atau 3 hari sekali. Pemanenan dilakukan bila rumput laut telah mencapai berat tertentu yaitu sekitar empat kali berat awal,  dengan waktu pemeliharaan 1,5 hingga 3 bulan. cepat atau tidaknya panen tergantung metode dan perawatan yang dilakukan setelah bibit ditanam.

 

 

 

Pengawetan rumput laut biasanya dilakukan dengan cara pengeringan, rumput laut dijemur sampai kering diatas para-para dan tidak boleh ditumpuk. rumput laut yang sudah kering ditandai dengan keluarnya garam, para petani atau pedagang rumput laut kering ini sudah sangat paham dengan ukuran kadar air ini. biasanya cukup dirasakan dengan cara menggegam rumput laut. Setelah kering rumput laut akan menyusut 10 kali lipatnya, sementara warna rumput laut akan berubah karena serapan sinar matahari mengurangi pigmen warna. selain itu pengeringan juga  mengurangi resiko pembusukan akibat bakteri dan jamur, sehingga menghasilkan kualitas rumput laut yang memiliki mutu tinggi.

 

 

 

Usaha pengolahan rumput laut ini sayangnya masih dikelola sederhana oleh masyarakat, masih mengandalkan kemurahan alam yang dimana belum bisa memenuhi permintaan pasar yang begitu pesat, tapi mereka menikmati hidup  tanpa putus semangat sedikit pun.

 

 

 

 

Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com