DetikTravel

Enak banget! Ini Kuliner Ikan Parende Khas Wakatobi

Bona - detikTravel - Rabu, 09/11/2016 12:55 WIB
Wangi-wangi - Traveling tak lengkap rasanya kalau tidak wisata kuliner. Kalau liburan ke Wakatobi, coba dulu kuliner khas Ikan Parende.

Traveler yang pernah berkunjung ke Wakatobi khususnya Kaledupa pasti pernah tahu atau merasakan ikan parende. Parende adalah makanan khas Kaledupa yang dimasak kuah dengan asam dan cabai. Yum.

Blusukan ke pinggir pasar mola, detikTravel ditemani dengan tur guide Wakatobi makan disebuah rumah makan sederhana bernama Musliha yang menghidangkan menu parende. Benar! Parendenya enak banget!

"Dari semua rumah makan, ini tempat yang jual parende paling enak menurut saya," kata Aden, tur guide Wakatobi kepada detikTravel, Rabu (9/11/2016).

Rumah makan Musliha menyediakan menu Parende (Bonauli/detikTravel)Rumah makan Musliha menyediakan menu Parende (Bonauli/detikTravel)
Awalnya hanya mau icip-icip ternyata jadi tambah pakai nasi. Ikan manis dengan paduan kuah asam pedas dijamin bikin lidah goyang. Enggak nyangka enak banget!

Traveler yang mau membawa pulang parende juga bisa lho. Rumah makan ini menyediakan jasa 'bawa luar kota'.

Satu porsinya hanya Rp 35.000, jika ingin di bawa pulang tambah Rp 15.000 untuk tempat makan dan jasa pembekuan. Jadi kalau mau dibawa pulang ke luar Wakatobi harus di pesan sehari sebelum keberangkatan.

Kuliner Ikan Parende yang khas Wakatobi (Bonauli/detikTravel)Kuliner Ikan Parende yang khas Wakatobi (Bonauli/detikTravel)
Karena pihak rumah makan tidak menyediakan menu parende yang langsung matang. Semua diolah langsung ketika memesan. Segar banget deh.

Tak perlu khawatir, bagi yang ingin datang langsung tempatnya hanya berjarak 20 menit dari Kota Wanci. Kalau mau pesan lewat telepon juga bisa. Pihak rumah makan akan langsung mengantarnya ke bandara.

Pihak bandara juga sudah biasa dengan wisatawan yang membawa pulang parende. Jadi jangan ragu untuk membawa pulang parende sebagai oleh oleh! (rdy/rdy)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com