DetikTravel

Pahlawan Pariwisata

Tips Jadi Pahlawan Pariwisata di Daerahmu Sendiri

Shinta Angriyana - detikTravel - Kamis, 10/11/2016 18:30 WIB
Jakarta - Menjadi pahlawan pariwisata, tidak perlu punya kekuatan super. Yang penting, kamu punya tekad untuk membuat traveler datang ke daerah kamu.

Setiap sudut Indonesia memiliki berbagai macam keindahan yang unik. Namun, apabila tidak dirawat pastinya akan rusak sehingga tidak menarik untuk didatangi lagi. Tidak hanya petugas yang bekerja, ternyata traveler juga bisa lho menjadi pahlawan untuk menjaga dan mempromosikan destinasi wisata.

Kali ini, detikTravel Kamis (10/11/2016) akan memberikan beberapa tips untuk menjadi pahlawan pariwisata di daerahmu sendiri:

1. Mulai dari hal kecil dan diri sendiri

Untuk menjadi contoh orang lain, tentunya haruslah diri sendiri yang melakukannya terlebih dahulu. Mulailah dari hal kecil dan sederhana, seperti tidak membuang sampah pada sembarang tempat di lokasi wisata contohnya.

Dengan tindakan kecil, lama-lama akan berbuah menjadi dampak yang besar. Tidak hanya menjadi contoh bagi orang lain, tetapi juga memberikan kebaikan agar kondisi destinasi wisata tetap terjaga keindahannya.

2. Ajak penduduk lokal untuk menjaga tempat wisata

Setelah memulai hal kecil dari diri sendiri, selanjutnya ajaklah penduduk lokal di daerah traveler untuk menjaganya. Tentunya, traveler juga membutuhkan bantuan orang lain untuk menjaga tempat wisata.

Ajaklah para penduduk yang tinggal di daerahmu untuk membantu menjaga keindahan destinasi wisata yang ada disana. Misalnya, jika lokasi sangat kotor dan penuh dengan sisa makanan pengunjung traveler beserta teman-teman dapat membantu membuangnya ke tempat sampah. Selain membuat lingkungan bersih, rasa kebersamaan pasti akan bertambah.

3. Kenalkan daerahmu ke orang-orang baru

Agar lebih dikenal, promosikan daerah kamu kepada orang-orang baru yang ditemui. Cara ini dapat membuat perkenalan akan terasa lebih personal dan diingat oleh orang lain.

Jika ada waktu, ajaklah mereka ke tempat-tempat unik yang terdapat di daerahmu. Jadi tidak hanya meninggalkan sebuah nama tetapi juga pengalaman. Siapa tahu dapat disebarkan ke orang lain lagi kan?

4. Gunakan media internet untuk promosi

Cara yang mudah, murah dan efektif untuk promosi tidak lain tidak bukan menggunakan internet. Saat ini sudah banyak media di internet untuk menyalurkan promosi. Selain itu semua orang juga dapat mengakses kapan dan dimana saja.

Sebarkanlah Foto-foto yang cantik dari daerahmu dan sebarkan di media sosial seperti Twitter atau Instagram. Traveler juga dapat memberikan ulasan atau pengalaman berkunjung di blog. Bisa juga membuat video yang menarik lalu mengunggahnya ke Youtube.

5. Komitmen untuk saling menjaga

Jika semua usaha sudah diterapkan, berarti sudah saatnya harus dijaga dengan baik. Jangan sampai diri sendiri atau bahkan orang lain merusaknya begitu saja.

Selalu ingatkan untuk saling menjaga situasi dan kondisi pariwisata di daerahmu. Menjaganya tidak hanya soal kebersihan, namun keamanan dan ketertibannya juga harus dijaga agar situasi tetap kondusif dan terlihat indah. (rdy/fay)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com