DetikTravel

Catat! Begini Panduan Untuk Liburan ke Wakatobi

Bona - detikTravel - Kamis, 17/11/2016 09:21 WIB
Wangi-wangi - Wakatobi jadi destinasi impian traveler karena keindahan bawah lautnya. Dibutuhkan perjuangan yang cukup panjang untuk mencapai Wakatobi. Begini panduannya!

Terkenal dengan Taman Nasional Bawah Lautnya, menjadikan Wakatobi sebagai destinasi pilihan saat liburan tiba. Letaknya yang tidak menyatu dengan tanah Sulawesi membuat perjalanan tidak dapat ditempuh dalam sekali jalan.

Kota pertama yang menjadi tempat transit adalah Makassar dengan bandar udara Sultan Hasanuddin. Beberapa kota selain jakarta telah menyediakan penerbangan langsung menuju Makassar. Makassar menjadi pintu pertama untuk mencapai Wakatobi.

Sesampainya di Makassar, traveler harus melanjutkan perjalan ke Kendari menggunakan pesawat perintis. Pesawat ini hanya mampu menampung sedikit penumpang. Guncangan dari angin atau turbulensi dapat langsung terasa ketika berada di pesawat ini.

Sebelumnya, akan lebih baik jika traveler mengisi perut terlebih dahulu. Karena perjalanan selanjutnya akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Waktu yang ditempuh dengan pesawat dari Makassar ke Kendari adalah satu jam. Traveler tidak diperkenankan turun karena biasanya pesawat hanya akan mengisi bahan bakar dan menurunkan penumpang dalam waktu yang singkat.

"Penumpang transit yang turun dan tertinggal tidak akan menjadi tanggung jawab pihak maskapai" kata Pramugari memberikan pengumuman saat berada di Kendari.

Perjalanan akan dilanjutkan dengan waktu tempuh satu jam. Pemandangan laut dengan barisan atol akan menyambut traveler yang datang ke Wakatobi. Atol merupakan terumbu karang yang berbentuk melingkar seperti cincin. Traveler dapat melihat atol saat berada di atas Pulau Wangi-wangi.

Sesampainya di Bandar udara Matohara Wakatobi, traveler hanya punya pilihan transportasi berupa mobil sewaan. Di sana tidak ada kendaraan umum seperti di kota besar. Untuk sampai di Kota Wangi-wangi atau biasa disebut Wanci, akan memerlukan waktu sekitar setengah jam saja.

Sebelum ada pesawat traveler bisa mencapai Wakatobi dengan menggunakan jalur laut. Waktu yang ditempuh pun lebih lama. Dari Kendari traveler harus naik kapal sekitar 4 jam menuju Wakatobi. Perjalanan memang panjang, namun pasti akan sepadan dengan keindahan Wakatobi! (bnl/wsw)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com