DetikTravel

Bucket List Travel 2017

Tips Menabung Biar Bisa Traveling Tahun Ini

Shinta Angriyana - detikTravel - Kamis, 05/01/2017 08:55 WIB
Jakarta - Sebagian orang sudah menyusun bucket list destinasi yang ingin dikunjungi tahun ini. Tinggal menabung uang supaya bisa liburan ke sana. Ini dia tipsnya.

Para traveler memiliki destinasi wisata impiannya masing-masing. Untuk dapat traveling ke tempat idaman, tentunya membutuhkan biaya, yang tidak jarang juga dapat membuat dompet meringis.

Jangan sedih, traveler tetap bisa traveling ke destinasi impian kok. Kali ini, detikTravel Kamis (5/1/2017) akan memberikan beberapa tips agar tetap bisa menabung supaya bisa traveling di tahun 2017:

1. Berkomitmen menabung sekian persen dari gaji

Sebuah niat tidak akan terwujud apabila diri sendiri tidak melakukannya. Tetaplah memiliki komitmen untuk pergi traveling, niscaya impian bepergian akan terlaksana.

Apabila sudah berpenghasilan, sisihkan sekian persen untuk dimasukkan ke dalam tabungan traveling. Tidak usah terlalu banyak, namun konsisten nominalnya dan memiliki jadwal tertentu untuk melakukan 'setoran'.

2. Jangan terlalu sering membawa kartu ATM/kredit

Dengan mudahnya berbelanja menggunakan kartu ATM atau kartu kredit, ini menambah pengeluaran traveler dan menghambat tabungan traveling. Kuncinya, jangan terlalu sering membawa dua kartu itu.

Meskipun kartu kredit bisa dibayar kemudian hari dengan dicicil pun tetap dapat mengurangi alokasi dana tabungan. Sebaiknya bawalah uang tunai secukupnya saat bepergian, simpan di dompet dengan berbagai pecahan sehingga lebih mudah dan hemat.

Semua itu untuk membantu kita menahan diri dari keinginan berbelanja. Uang tabungan pun jadi lebih aman.

3. Mencari pekerjaan sampingan

Beberapa usaha dapat membantu traveler untuk menambah penghasilan. Salah satunya adalah mencari pekerjaan sampingan di luar pekerjaan utama, yang tentunya dapat menambah pemasukan.

Namun, jangan sampai pekerjaan sampingan mengganggu hal yang seharusnya diutamakan. Ingat, sampingan hanya untuk menambah tabungan lho. Jangan sampai aktivitas utama terganggu berlebihan ya!

4. Mengurangi pengeluaran

Apabila terbiasa makan dengan cemilan, ini saatnya untuk makan makanan berat saja. Biasanya membeli pakaian baru sebulan sekali, tandanya sekarang harus membeli pakaian baru dua bulan sekali.

Kurangilah pengeluaran di luar kebutuhan utama seperti makan, biaya telepon atau listrik. Jika tidak terlalu diperlukan dan dapat diakali dengan hal lain, ada baiknya untuk mengalihkannya ke tabungan traveling. Lebih cepat terkumpul, lebih baik bukan?

5. Kurangi nongkrong

Pergi hang out dengan teman memang perlu. Tetapi nongkrong butuh uang. Saat sedang menabung, baiknya mengurangi frekuensi nongkrong agar biaya pengeluaran tidak bertambah.

Solusi lainnya adalah traveler dapat berkumpul di rumah salah satu seorang kerabat. Ini akan jauh lebih hemat dibandingkan harus pergi ke mal atau kafe yang membutuhkan pengeluaran lebih besar. Selain itu, keakraban juga akan lebih terasa! (krn/fay)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com