DetikTravel

Mau Road Trip di Lampung, Simak Dulu Tipsnya

Kurnia Yustiana - detikTravel - Rabu, 11/01/2017 09:50 WIB
Bandar Lampung - Kalau mau seru-seruan keliling Lampung, road trip bisa jadi pilihan. Sebelum memulai road trip, sebaiknya simak dulu tips berikut ini.

Berbagai destinasi wisata menarik dapat traveler nikmati di Lampung. Baik itu di pusat kota, tempat konservasi gajah maupun di kawasan pesisir dengan aneka pantai yang menawan.

Mendatangi semua tempat wisata itu sambil road trip naik mobil pribadi atau sewaan, beramai-ramai bersama sahabat atau keluarga tentu menjadi pengalaman tak terlupa. Disusun detikTravel, Rabu (11/1/2017), ini 6 tips road trip di Lampung:

1. Persiapkan peta

Bagi traveler yang belum hapal arah ke destinasi yang diinginkan, sebaiknya sediakan peta. Misalnya saja menggunakan aplikasi peta dan penunjuk jalan yang bisa diunduh di ponsel.

Namun untuk jaga-jaga, tak ada salahnya membawa lembaran peta Lampung ataupun kabupaten yang ingin dituju. Jika memang setelah menggunakan peta masih dirasa kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakan arah ke warga setempat.

2. Gadget seperlunya

Bawalah gadget yang dirasa penting. Mulai dari ponsel, kamera dan powerbank. Sedia memory card dan baterai kamera cadangan sekiranya akan banyak mengambil foto dan video.

3. Cek keadaan mobil

Sebelum dibawa road trip, cek dulu keadaan kendaraan kamu. Sebaiknya bawalah dulu ke bengkel agar pengecekan lebih menyeluruh. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah ban, oli, kabel-kabel, hingga aki.

Jangan lupa pula membawa ban cadangan dan sejumlah peralatan servis standar. Misalnya saja untuk mengganti ban, jika tanpa diduga ban kempes atau bocor di tengah perjalanan.

Tak kalah penting pula untuk mengecek bensin. Segeralah isi penuh saat ada pom bensin. Lebih baik road trip dengan bensin full tank agar tidak khawatir mogok di jalan.

Berbagai hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan tidak menyenangkan selama perjalanan. Perjalanan yang lancar sedikit banyak berpengaruh juga terhadap mood selama jalan-jalan. Pastinya tidak asyik kalau jadi bad mood gara-gara mobil mogok.

4. Sedia P3K

P3K dalam mobil cukup penting. Namun sepertinya masih banyak traveler yang tidak memerhatikan kotak ini berikut isinya, dan bisa mendiamkannya di dalam mobil sampai bertahun-tahun.

Saat ingin road trip, pastikan untuk mengecek kembali kotak P3K dalam mobil kamu. Cek kembali tanggal kadaluarsanya. Kalau perlu, ganti semua obat-obatan hingga plester luka yang ada di situ jika sudah terlalu lama.

5. Sebaiknya berangkat sebelum gelap

Tidak semua jalanan di Lampung dilengkapi dengan lampu jalan. Contohnya saja saat melintasi kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Memang cukup aman untuk dilewati malam hari dengan keadaan lampu mobil menyala terang, tapi untuk berjaga-jaga lebih baik lewat di sana saat hari masih terang.

Aturlah waktu perjalanan sebaik mungkin. Sehingga kamu bisa lewat jalur tersebut kala hari siang. Selepas sore kamu bisa melewati jalur perkotaan yang ramai.

6. Bawa perlengkapan senang-senang

Road trip memakan waktu berjam-jam. Misalnya saja dari Bandar Lampung ke Danau Ranau di perbatasan Lampung dengan Sumatera Selatan, bisa menghabiskan waktu lebih dari 6 jam.

Supaya tidak bosan, isi music player di mobil kamu dengan lagu-lagu favorit yang menghentak. Tak lupa pula makanan dan minuman pengganjal lapar selama perjalanan. (wsw/fay)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com