DetikTravel

Katanya Sih Mirip Planet Mars

Afif Farhan - detikTravel - Rabu, 11/01/2017 18:00 WIB
Aqaba - Planet Mars, tetangganya Bumi dikenal dengan kontur tanah yang tandus dan berwarna merah. Tahukah kamu, ternyata yang seperti itu juga ada di Bumi.

Silakan buka internet dan ketik planet Mars. Lihatlah planet yang berwarna merah dan diselimuti daratan tandus, tanpa pohon yang hijau. Pemandangan seperti itu rupanya juga dimiliki oleh planet kita, Bumi.

Disusun detikTravel, Rabu (11/1/2017) berikut setidaknya 3 tempat di Bumi yang konturnya mirip seperti di Mars. Semua tempatnya bisa dikunjungi pun bisa dikunjungi. Berikut tempat-tempatnya:

1. Wadi Rum di Yordania

Wadi Rum, gurun pasir yang serba merah (Thinkstock)Wadi Rum, gurun pasir yang serba merah (Thinkstock)


Wadi Rum adalah nama suatu gurun pasir di Yordania bagian selatan, tepatnya di dekat kota Aqaba dan masih berada di kawasan yang dekat dengan Petra. Untuk menjangkaunya, kamu bisa berkendara dari ibu kota Amman selama hampir 4 jam.

Wadi Rum adalah satu-satunya tempat di bumi yang memiliki gurun dan bukit-bukit berbatu merah. Suasananya seperti berada di Planet Mars. Tak heran, lokasinya pernah dijadikan tempat syuting untuk film-film Hollywood

Sudut-sudut Wadi Rum (Thinkstock)Sudut-sudut Wadi Rum (Thinkstock)


Wadi Rum luasnya mencapai 74 ribu hektar dan merupakan gurun terluas di Yordania. Gurun tersebut sudah dinyatakan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 2011 lalu dan wajib dilestarikan karena keunikannya.

Sejumlah film terkenal pernah syuting di Wadi Rum. Sebut saja Red Planet (film tentang planet Mars), Passion in the Desert, Transformers: Revenge of the Fallen, The Frankincense Trail dan terakhir The Martian.

Ad abanyak operator tur di Yordania yang menawarkan paket wisata ke Wadi Rum. Silakan jelajahi gurun pasirnya yang sejauh mata memandang berwarna merah dari tanah hingga bebatuannya. Eksotis, cantik dan sungguh unik!

2. Taman Nasional Timanfaya di Spanyol

Siapa sangka, selain punya deretan bangunan bersejarah ternyata Spanyol juga punya destinasi wisata yang mirip seperti Planet Mars. Namanya adalah Taman Nasional Timanfaya, berlokasi di Pulau Lanzarote yang ada dalam kawasan Kepulauan Canaria dan di seberang negara Maroko, Afrika.

Begitu masuk ke dalam taman nasionalnya, tanah di sana berwarna hitam dan merah dengan suasana yang gersang. Tidak ada pepohonan sama sekali, yang ada hanya bebatuan saja. Disebut-sebut (sekali lagi) mirip dengan planet Mars!

Selamat datang di Taman Nasional Timanfaya (Thinkstock)Selamat datang di Taman Nasional Timanfaya (Thinkstock)


Mengapa bisa begitu? Hal tersebut terjadi karena letusan gunung berapi yang dahsyat pada tahun 1730 dan 1736 di Pulau Lanzarote. Saat itu, sekitar 100 gunung berapi meletus dan menghancurkan kawasan seluas 50 km persegi yang kini menjadi Taman Nasional Timanfaya. Setelah itu, rupanya curah hujan di sana sangat rendah.

Temperatur tanahnya pun cukup panas, yang dibeberapa titik nyaris menyentuh angka 100 derajat Celcius. Uniknya, beberapa restoran di Taman Nasional Timanfaya menawarkan pengalaman memasak makanan langsung di atas tanah.

Tanah di sana sangat gersang (Thinkstock)Tanah di sana sangat gersang (Thinkstock)


Ada 20 gunung berapi di dalam Taman Nasional Timanfaya yang bisa dikunjungi. Kalau mau melihat pemandangan yang lebih berkesan, kamu bisa datang ke lereng-lereng gunung berapinya. Di beberapa titik, Anda juga akan melihat asap yang keluar dari tanah.

Biasanya turis menghabiskan waktu di Taman Nasional Timanfaya dengan trekking atau naik unta. Untuk menuju Pulau Lanzarote, kamu bisa naik pesawat dari Madrid menuju pusat kotanya di Arrecife. Dari situ, banyak rental mobil yang mengantar Anda ke taman nasionalnya karena itulah destinasi wisata populer di sana. Tiket masuk ke Taman nasional Timanfaya sebesar 8 Euro ataus ekitar Rp 112 ribu.

3. Devon Island di Kutub Utara

Inilah Devon Island, pulau di kawasan Arktik sekitar Kutub Utara. Pulau yang sebenarnya masih masuk dalam kawasan negara Kanada, namun tidak dihuni oleh penduduk. Lanskap, kontur tanah hingga suasana di sana pun dinilai oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) mirip planet Mars!

Melansir dari situs resmi NASA, kontur alam di sana sangat tandus seperti gurun, penuh bebatuan dan tidak dihuni mahluk hidup yang mana tanaman saja tidak tumbuh. Belum lagi, suhu di sana sangat dingin yang rata-rata minus 16 derajat Celcius. Pada musim dingin pun, daratan pulaunya akan tertutup es setebal puluhan meter. Di musim panas, suhunya hanya mencapai 8 derajat Celcius saja. Hanya di musim panaslah, Devon Island bisa dikunjungi saat esnya meleleh.

Kontur yang dinilai NASA mirip di Mars (Matt Deans/NASA)Kontur yang dinilai NASA mirip di Mars (Matt Deans/NASA)


Devon Island memiliki kawah bernama Haughton, kawah berdiameter 23 km. Kawah inilah yang dinilai kontur tanahnya paling mirip dengan di planet Mars. Asal tahu saja, kawahnya ternyata merupakan bekas hantaman meteor pada 39 juta tahun lalu. Meteornya pun menembus tanah sampai kedalaman 1,7 km.

Karena tidak ada air dan cuaca yang dingin, tidak ada proses pelapukan yang mana bekas hantaman meteornya masih sangat asli. Retakan tanahnya terlihat jelas dan di kawah itulah, kontur tanahnya sangat mirip seperti di Mars.

Lanskap di kawah Haughton (Danielle Labonte/Google Maps)Lanskap di kawah Haughton (Danielle Labonte/Google Maps)


Bahkan, suatu organisasi internasional non-pemerintah Mars Institute memakai Devon Island sebagai tempat latihan para astronotnya untuk misi hidup di Mars sejak tahun 1997. Latihan astronotnya pun didukung oleh NASA.

Pemerintah Kanada, asyiknya tetap memperbolehkan turis untuk berkunjung ke Devon Island. Beberapa operator tur dari Kanada seperti Adventures.com dan Tour Radar menawarkan paket perjalanan ke sana. Hanya saja, harganya tidaklah murah! (aff/aff)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Artikel
Terbaru
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com