DetikTravel

Cerita Wanita Bertopeng di Iran

Bona - detikTravel - Rabu, 11/01/2017 18:50 WIB
Tehran - Iran merupakan negara dengan masyarakat yang mayoritas beragama muslim. Di selatan Iran, ada Suku Bandari yang punya tradisi unik, menggunakan topeng wajah.

Dilihat dari BBC, Rabu (11/1/2017) wanita Bandari memiliki ciri khusus dibandingkan dengan masyarakat iran yang lain. Mereka bukan hanya menggunakan hijab tapi juga topeng wajah.

Apa ya yang membuat Suku Bandari menggunakan topeng? Mereka juga tidak tahu mulai dari kapan tradisi ini dilakukan dan siapa yan memulainya. Namun ada kepercayaan yang menyebutkan bahwa menggunakan topeng sudah mereka lakukan sejak pemerintahan Portugis.

Hal ini dilakukan untuk menghindari para perempuan dari pencari budak berwajah cantik. Timur tengah memang sudah terkenal akan wanita berparas cantik.

Wanita Bandari yang menggunakan topeng wajah (BBC)Wanita Bandari yang menggunakan topeng wajah (BBC)
Topeng wajah ini memiliki banyak bentuk. Ada yang berbentuk segi empat untuk menutupi area sekitar mata. Ada pula yang berbentuk seperti kumis.

Topeng kumis digunakan para wanita di desa-desa Qeshm untuk berkamuflase. Desain ini telah ada sejak berabad abad lalu. Jika menggunakan topeng ini para musuh akan mengira bahwa mereka adalah tentara laki-laki.

Selain menjadi bagian dari budaya dan agama, topeng wajah ini juga melindungi mereka dari sengatan matahari yang terkenal sangat kuat di Teluk Persia. Bahkan topeng serupa juga bisa ditemukan di sekitar wilayah Oman, Kuwait, dan bagian lain dari Semenanjung Arab.
Ada banyak desain topeng, slaah satunya berbentuk kumis (BBC)Ada banyak desain topeng, slaah satunya berbentuk kumis (BBC)
Lebih dari itu, topeng wajah ini juga menjadi penanda asal-usul, desa dan status seorang wanita. Hal ini bisa dilihat dari bahan, bordiran dan desainnya.

Karena topeng inilah, masyarakat Bandari terkenal misterius dan tertutup. Namun ternyata mereka sangat terbuka dengan pengunjung yang datang. Tak jarang mereka membagi budaya unik ini dan tak keberatan untuk difoto.

Namun wanita muda saat ini sudah jarang yang mau mengenakan topeng ini. Para gadis memilih untuk menggunakan hijab saja.

(bnl/aff)
Baca Juga

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com