DetikTravel

Liburan ke Anambas, Wajib Coba Kuliner Seafood Nan Nikmat

Johanes Randy Prakoso - detikTravel - Jumat, 10/03/2017 12:55 WIB
Matak - Anambas di Kepulauan Riau terkenal dengan hasil laut dan alamnya yang indah. Jika liburan ke sana, tentunya traveler wajib coba kuliner seafood yang nikmat.

Dikelilingi oleh lautan, menjadikan Anambas sebagai salah satu daerah terbaik di Indonesia untuk urusan ikan. Oleh sebab itu, kuliner seafood pun menjadi andalan dan wajib dicoba ketika berkunjung ke sana.

Bersama rekan media dari Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub), detikTravel pun berkesempatan untuk singgah ke Pulau Matak di Anambas beberapa waktu lalu.

Di sana, detikTravel dan rombongan pun singgah ke Dara Manis Cafe & Restoran yang terletak persis di tepi laut Matak. Tanpa pikir panjang, kami pun segera memesan beragam kuliner seafood.

Untuk urusan kualitas dan kesegaran ikan, hasil laut Anambas tentu boleh diadu. Selain mengambil dari laut langsung, rumah makan ini bahkan punya keramba khusus sebagai tempat penyimpanan ikan hingga kepiting.

Restorannya berada tepat di tepi laut (Randy/detikTravel)Restorannya berada tepat di tepi laut (Randy/detikTravel)
Bagi tamu yang memesan, ikan dan kepitingnya pun diambil langsung dari keramba. Kalau kata orang setempat, ikan yang ada di sini baru mati sekali. Soalnya langsung diolah dari sumbernya.

"Ini rumah makan sudah tiga tahun lewat, kita semua ikan sayur segar," terang istri pemilik Dara Manis Cafe & Restoran, Susilawati pada detikTravel.

Begitu duduk, kami pun langsung memesan kuliner ikan dengan beragam jenis olahan. Mulai dari kakap merah hingga sayur kangkung, semua tidak luput dicoba.

Tidak perlu lama menunggu, aneka hidangan khas seafood pun segera tersaji. Ada kepiting saus padang, ikan kakap asam pedas hingga sambal hijau. Semuanya pun menjadi lauk terbaik, disantap bersama nasi panas dan teh tawar panas.

Sayurnya pun langsung diambil dari kebun hidroponik (Randy/detikTravel)Sayurnya pun langsung diambil dari kebun hidroponik (Randy/detikTravel)
Yang lebih kerennya lagi, rumah makan ini juga mengembangkan sayuran dengan metode hidroponik. Berbagai sayuran segar seperti kangkung, seledri dan lainnya pun diambil dari 'kebun' langsung.

"Kalau hidroponik itu baru enam bulan, kita juga jual bibit dan bisa bantu siapa saja yang mau belajar," terang Susilawati.

Oleh sebab itu, kualitas kuliner seafood hingga sayur mayur yang ada di restoran ini sudh teruji kesegaran dan kualitasnya. Lidah traveler pun akan sangat dimanjakan dengan rasa masakannya yang sedap.

Untuk soal harga, umumnya setiap menu yang ada di Dara Manis Cafe & Restoran ini bervariasi dari 25.000 per porsi. Restoran ini pun buka setiap hari dari pukul 07.00 - 23.00 WIB. (msl/rdy)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com