DetikTravel

Berkhayal Liburan Super Mewah dari Dana E-KTP

Fitraya Ramadhanny - detikTravel - Selasa, 14/03/2017 08:17 WIB
Jakarta - Korupsi proyek e-KTP diperkirakan merugikan negara sampai Rp 2,3 triliun. Waduh, uang sebanyak itu kalau dipakai traveler untuk liburan mewah, bisa dapat apa ya?

Publik dikejutkan dengan besarnya angka kerugian negara dalam kasus korupsi e-KTP, apalagi banyak nama disebut. Jumlah kerugian yang mencapai Rp 2,3 triliun bikin geleng-geleng kepala.

Bagi traveler, uang sebanyak itu bisa dipakai untuk liburan super mewah. Dalam penelusuran data oleh detikTravel, Selasa (14/3/2017), uang Rp 2,3 triliun setara dengan liburan mewah berikut ini:

1. 9 Kali traktir liburan Raja Salman ke Indonesia

ASITA menaksir, liburan Raja Salman dan 1.500 rombongannya ke Indonesia menghabisnya uang Rp 250 miliar. Artinya korupsi e-KTP bisa untuk menraktir Raja Salman liburan ke Indonesia 9 kali.

2. Liburan mewah keliling dunia dari VeryFirstTo.com untuk 307 orang

VeryFirstTo.com adalah operator liburan super mewah dan paling mahal sedunia. Mereka punya paket liburan keliling dunia mengunjungi semua situs bersejarah yang diakui UNESCO. Wisatawan akan menginap di hotel termahal dan pesawat terbaik.

Harga paketnya adalah Rp 7,5 miliar per orang. Artinya, korupsi e-KTP bisa untuk memberangkatkan 307 orang liburan mewah keliling dunia.

3. Liburan ke luar angkasa dari Virgin Galactic untuk 697 orang

Kalau liburan keliling dunia tidak cukup, bagaimana kalau liburan ke luar angkasa? Maskapai Virgin Galactic milik jutawan Richard Branson menyediakan paket liburan ke luar angkasa dengan pesawat SpaceShipTwo.

Nilai paket liburan ini adalah Rp 3,3 miliar per orang. Duit korupsi e-KTP bisa dipakai untuk 697 orang liburan ke luar angkasa. Wow!

4. Sewa Pulau Necker selama 5 tahun dan 328 hari

Masih dari jutawan Richard Branson, dia memiliki pulau pribadi Necker Island di Karibia, yang baru saja dipakai liburan oleh mantan Presiden Barack Obama. Harga sewanya sekitar Rp 1,068 miliar semalam.

Nah kalau uang korupsi e-KTP dipakai untuk menyewa Pulau Necker selama 5 tahun dan 328 hari. Nyaris 6 tahun lamanya!

5. Menginap di kamar termewah Hotel President Wilson untuk 2.650 orang

Mau tahu kamar hotel paling mahal sedunia? Itu adalah kamar tipe Royal Penthouse Suite di Hotel President Wilson, Swiss. Menginap semalam di sana harganya Rp 868 juta. Dengan uang korupsi e-KTP, bisa menginap di kamar itu untuk 2.650 orang.

6. Wisata cruise termewah sedunia Silver Whisper untuk 15.436 orang

Ada banyak kapal pesiar yang lalu lalang di lautan dunia. Namun yang paling mewah adalah kapal pesiar Silver Whisper. Harga paket liburannya adalah Rp 149 juta per orang. Itu artinya uang korupsi itu bisa untuk mengajak 15.436 orang liburan naik cruise termewah sedunia Silver Whisper.

Dahsyat betul kerugian akibat korupsi. Semoga aparat hukum bisa bertindak dengan tegas, ya! Untuk lebih jelasnya, simak infografis berikut ini:

Berkhayal Liburan Super Mewah dari Dana E-KTPFoto: Andhika Akbaransyah
(fay/fay)
Baca Juga
Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Most
Popular
 
Must Read close
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com