DetikTravel

Terpikat Pesona Pantai Batu Nona di Kupang

Robert Adolf Izak - d'Traveler - Sabtu, 18/03/2017 14:35:00 WIB
detikTravel Community -  

Pantai Batu Nona di Kupang menawarkan pemandangan memesona. Pantai ini asyik didatangi buat penggemar fotografi serta penikmat sunset.

Kota Kupang memiliki sejumlah pantai sarat pesona. Sebutlah Pantai Lasiana, Pantai Tablolong, Pantai Teddy, Pantai Manikin, Pantai Nunsul. Satu lagi yang sayang sekali jika dilewatkan adalah Pantai Batu Nona.

Konon, menurut cerita turun temurun, dahulu ada seorang gadis cantik yang sedang galau dan frustasi. Penyebabnya karena diputus kekasihnya. Ia pergi ke sebuah pantai, berdiri di tebing, dan menjatuhkan diri dari ketinggian sekitar 15 meter.

Jasad sang gadis tidak ditemukan. Yang ada malah batu setinggi 2 meter berbentuk gadis sedang berdiri di pinggir pantai. Kebiasaan warga Kupang memanggil gadis dengan sebutan nona, batu tersebut akhirnya di sebut Batu Nona.

Sayang karena sudah terkikis ombak, batu tersebut sudah tidak ada lagi. Namun tidak perlu kecewa. Persis di batu karang pemerintah setempat membangun 3 patung gadis. Setidaknya untuk mengingatkan adanya mitos dan cerita tersebut.

Meski kurang populer dibanding pantai lainnya, tidak sedikit traveler dari luar kota datang ke sini. Selain sebagai salah satu favorit warga Kota Kupang tentunya. Terutama akhir pekan dan liburan, pantai ini sarat pengunjung.

Disarankan datang saat petang. Kota Kupang terkenal dengan panas terik yang cukup menyengat. Jika kita datang saat senja akan terluput dari sengatan panas matahari. Selain itu saat matahari menjelang terbenam menjadi suguhan pemandangan sangat indah.

Pasti kita tidak akan tahan untuk tidak mengabadikan momen indah ini. Siapkan kamera. Pastikan kamera siap digunakan. Saat matahari terbenam seringkali berlangsung cepat.

Kontur pantai yang banyak batu karang, ternyata menambah daya pikat untuk foto. Berdiri atau duduk di salah satu batu karang, dengan latar belakang laut biru dan ombak tenang, menjadi incaran pengunjung khususnya penggemar foto.

Deretan pohon lontar menjadi daya tarik dan ciri khas Pantai Batu Nona. Memanfaatkan siluet pohon lontar, dengan latar belakang matahari jelang terbenam, akan menghasilkan foto yang dramatis. Tidak jarang penggemar foto baik amatir maupun profesional memilih objek ini sebagai sasaran foto.

Aktivitas nelayan yang baru saja pulang, tidak luput sasaran objek foto memikat. Tidak jarang menyaksikan penggemar fotografi segera menghampiri nelayan yang baru tiba dengan membawa hasil tangkapan, sebagai sasaran foto. Istilahnya berburu human interest.

Puas berburu foto menarik, jika perut lapar tidak perlu khawatir. Cukup tersedia warung yang menyediakan menu lokal. Tersedia juga jajanan lokal jika sekedar mengisi perut dengan cemilan ringan. Tenggorakan terasa dahaga, es kelapa muda banyak tersedia dengan harga terjangkau.

Letaknya antara Pantai Lasiana dan Pantai Nunsui. Agak tersembunyi di dalam. Tidak persis di pinggir jalan. Namun tidak sulit menuju Pantai Batu Nona. Tepatnya di Jalan Timor Raya Km 10, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Jika tidak membawa kendaraan sendiri, ada angkutan umum jurusan Kupang-Tarus. Turun di pertigaan Nunsui. Untuk sampai persis di pinggir pantai lanjut menumpang ojek sekitar 1 kilometer. Siapkan saja uang Rp 5.000 untuk retribusi setempat. Selamat menikmati pesona Pantai Batu Nona!

Foto Terkait

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
 
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com