Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

KETENTUAN PENGGUNAAN

Ketentuan Penggunaan berikut dibuat oleh detikTravel dan berlaku untuk semua orang baik yang membaca, maupun yang menggunakan situs, layanan, fitur, dan konten yang ada di detikTravel (https://travel.detik.com & https://m.travel.detik.com) Pastikan Anda membaca Ketentuan Penggunaan ini dengan sebaik-baiknya. Dengan mengakses dan menggunakan detikTravel, berarti Anda telah memahami dan setuju untuk terikat oleh semua peraturan yang berlaku di situs ini. Jika Anda tidak setuju untuk terikat dengan semua peraturan yang berlaku, silakan untuk tidak mengakses dan menggunakan situs ini.

DEFINISI UMUM

detikTravel adalah sebuah Travel Portal yang tepat untuk mencari informasi dan berita seputar wisata. detikTravel akan menjadi sumber inspirasi Anda. Mulai dari mencari ide tempat berlibur di akhir pekan, sampai kabar soal destinasi wisata yang luar biasa dari dalam dan luar negeri. Tak berhenti disitu, detikTravel bekerja sama dengan Wego, memberikan informasi seputar hotel dan penerbangan. Sehingga Anda bisa dengan mudah dan cepat mencari informasi harga tiket pesawat dan hotel yang Anda butuhkan. Ada juga aneka tips seru untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan. detikTravel akan membuka pikiran Anda, bahwa semua orang bisa melakukan travelling!

Jangan lupa bergabung dengan d'traveler bersama ribuan orang lainnya. Pembaca dapat menceritakan kisah perjalanan baik berupa artikel maupun foto. detikTravel sebagai user-generated travel content akan terus mengembangkan ruang interaksi dan komunikasi yang memungkinkan Anda terhubung dengan sesama pencinta traveling seluruh dunia untuk saling berbagi pengalaman wisata. Anda tidak hanya mendapatkan review mengenai tempat wisata, namun Anda juga dapat menemukan teman perjalanan atau mendapatkan rekomendasi perjalanan langsung dari para member detikTravel.

Member detikTravel (d'Traveler) yang artikel kirimannya paling banyak dibaca, berkesempatan mendapatkan merchandise menarik yang diundi setiap bulan. Pada akhir tahun, akan diumumkan d'Traveler terbaik yang berhak mendapatkan aneka hadiah menarik.

detikTravel juga sering mengadakan offline event seperti Dream Destination yang mengajak pengguna detikTravel untuk bepergian ke destinasi impian mereka secara cuma-cuma. Tidak hanya itu, ada juga Explore Indonesia yang bertujuan mengajak pengguna detikTravel untuk menjelajahi indahnya alam Indonesia dan event Piknik! yang menjadikan wadah pertemuan para pengguna detikTravel yang dikemas secara menarik dengan bermain games seru dan ramah tamah. Temukan juga kuis-kuis dengan ragam hadiah menarik dengan sering-sering berkunjung di situs detikTravel tercinta ini.

SYARAT DAN KETENTUAN

Fitur dan layanan detikTravel hanya bisa digunakan oleh pengguna yang telah mendaftar. Setelah mendaftar, pengguna detikTravel terikat oleh seluruh ketentuan yang tercantum dalam Peraturan Penggunaan ini dan ketentuan lain yang telah ditetapkan oleh detikcom.

Setiap orang boleh mendaftar dan mendapatkan akun di detikTravel. Saat mendaftar, pengguna wajib memasukkan data yang akurat, baru, dan lengkap. Dalam tahap berikutnya, detikTravel akan memberlakukan mekanisme Anggota Terverifikasi (Verified Member). Pengguna detikTravel wajib menjaga password, alamat email, dan data pribadi lainnya yang ditempatkan di detikTravel.

Pengguna detikTravel dilarang menyerang, menghina, dan atau menjatuhkan karakter atau pribadi pengguna detikTravel lain dengan cara dan tujuan apapun. Apabila menemukan pengguna detikTravel yang dianggap mengganggu kenyamanan dan atau melanggar Ketentuan Penggunaan, segera laporkan pada pihak detikTravel melalui email ke admin@detik.travel.

Artikel yang dalam waktu maksimal 3(tiga) bulan dalam proses moderasi tidak ditayangkan, dianggap tidak memenuhi standar dan kualitas artikel yang layak ditayangkan.

Setelah memiliki akun di detikTravel, pengguna detikTravel dapat:

  • Mengelola konten yang telah dimasukkan dan atau ditayangkan dengan fitur pengelolaan yang tersedia.
  • Memberi komentar dan berbagi konten ke situs media sosial lain.
  • Melaporkan tulisan dan atau pengguna detikTravel lain yang dianggap melanggar Ketentuan Penggunaan.
  • Pengguna detikTravel bertanggung jawab penuh atas seluruh konten yang ditempatkan dan atau ditayangkan di detikTravel serta menyatakan bahwa konten tersebut ditempatkan dan atau ditayangkan atas kesadaran dan kemauan sendiri.

Pada saat ingin menempatkan atau menayangkan konten di detikTravel, pengguna detikTravel dilarang:

  • Menulis judul tulisan menggunakan kapital pada semua huruf.
  • Menulis artikel fiktif atau bohong.
  • Melakukan aksi plagiatisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun.
  • Menyalin, menayangkan ulang atau meneruskan sebagian atau seluruh tulisan, komentar dan atau berita milik orang atau pihak lain tanpa maksud membuat tulisan atau berita baru yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat disebut sebagai konten miliknya.
  • Memuat dan atau menayangkan materi iklan atau konten lain yang secara langsung atau tidak langsung berisi ajakan untuk membeli produk/barang/jasa yang tercantum dalam tulisan. Hal ini termasuk dengan cara penggunaan Tag, Judul, Tautan dan atau signature pada tulisan.
  • Pengguna detikTravel dilarang menempatkan foto milik orang atau pihak lain sebagai pelengkap atau penghias tulisan tanpa izin dan atau tanpa menyebut nama pemilik dan atau sumber foto.
  • Menggunakan foto yang berasal dari hasil pencarian mesin pencari seperti Google dan Yahoo! dalam kondisi apapun.

Sebelum menayangkan tulisan, pengguna detikTravel diminta memilih menu yang sesuai dengan isi, tema atau konteks tulisan, serta memerhatikan ketentuan jenis tulisan yang berlaku sebagai berikut:

  • Update Status: Informasi terbaru yang bisa dibagikan oleh d'Traveler kepada pengguna detikTravel lain. Status yang Anda kirimkan akan tayang juga di akun twitter Anda. Caranya mudah, ketika mengirim status dari menu ini jangan sampai lupa untuk klik perintah “Connect with Twitter".
  • Stories: Tulisan yang berisi pengalaman wisata pengguna detikTravel. Cerita seru perjalanan Anda bisa diuraikan secara lengkap dan rinci di sini, serta jangan lupa tampilkan dengan foto dokumentasi yang paling menarik, sebanyak maksimal 5 foto.
  • Photos: Foto dokumentasi perjalanan pengguna detikTravel. Bila Anda merasa masih kurang dengan hanya menampilkan 5 foto? Anda bisa tampilkan 10 foto perjalanan Anda selengkapnya di menu ini. Dan Anda tidak perlu untuk menulis uraian panjang lebar cerita perjalanan Anda di menu ini. Anda cukup tautkan link artikel stories Anda bila sudah ada. Seru kan?!
  • Pengguna detikTravel dilarang mengirim komentar dan atau pesan berantai (spamming) dengan atau tanpa mencantumkan satu alamat website tertentu.
  • Pengguna detikTravel dilarang membuat konten yang menyerang, menghina, dan atau menjatuhkan karakter atau pribadi pengguna detikTravel lain dengan cara dan tujuan apapun.
  • Pengguna detikTravel dilarang menempatkan konten apapun dengan cara apapun yang dapat merusak, melumpuhkan, membebani atau mengganggu server atau jaringan detikTravel maupun detikcom.

Dengan mendaftar di detikTravel, pengguna detikTravel memahami dan setuju untuk tidak menggunakan, menempatkan, mengunduh, menautkan, melekatkan, dan atau menayangkan Konten yang:

  • Melanggar atau menyalahi hak orang lain, termasuk tanpa kecuali, hak intelektual, hak paten, merek dagang, rahasia dagang, hak cipta, publisitas, atau hak milik lainnya dari pihak ketiga.
  • Melanggar hukum, mengancam, memfitnah, mencemarkan, memperdaya, menipu, curang atau menimbulkan kebencian pada orang atau golongan tertentu.
  • Menghina, melecehkan, merendahkan, atau mengintimidasi individu atau grup individu berdasarkan agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia, atau cacat fisik.
  • Melanggar norma kesusilaan, cabul, dan pornografi.
  • Menganjurkan atau menyarankan perbuatan yang melanggar hukum.
  • Menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).
  • Memuat kata-kata atau gambar-gambar yang berisi dan atau menimbulkan rasa ngeri, kasar, kotor, jorok, dan sumpah serapah.
  • Menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
  • Mengandung virus atau kode komputer lainnya, file atau program yang dapat mengganggu, merusak, atau membatasi fungsi dari piranti lunak atau piranti keras komputer atau peralatan komunikasi, atau memperbolehkan penggunaan komputer atau jaringan komputer yang tidak sah.
  • Melanggar Ketentuan Penggunaan, petunjuk atau kebijakan lainnya yang ada di detikTravel
  • Sebelum menempatkan dan atau menayangkan konten, pengguna detikTravel wajib memastikan bahwa setiap konten tersebut tidak melanggar salah satu ketentuan yang tertulis pada Ketentuan Penggunaan ini
  • detikTravel dan detikcom tunduk kepada peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di Republik Indonesia. Oleh karena itu, saat terjadi keluhan, protes, klaim dan atau permasalahan hukum yang disebabkan oleh Konten yang dimasukkan dan atau ditayangkan oleh pengguna detikTravel, detikTravel berhak menyampaikan segala informasi terkait pemilik konten, termasuk alamat Internet Protocol (IP) yang terekam di dalam sistem detikTravel kepada Pihak Berwenang.

Terkait konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem detikTravel, pengguna detikTravel mengizinkan admin untuk:

  • Menghapus atau tidak menayangkan tulisan, pesan, dan atau komentar yang melanggar Ketentuan Penggunaan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada yang bersangkutan.
  • Menghapus foto yang melanggar Ketentuan Penggunaan dan atau tidak mencantumkan sumber dan atau pemilik foto.
  • Menempatkan foto sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan untuk keperluan penayangan Headline (Tulisan Utama). Admin menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Ketentuan Penggunaan foto seperti diatur dalam Ketentuan Penggunaan.
  • Mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan konten maupun tampilan detikTravel secara keseluruhan.
  • Mengoreksi dan memperbaiki judul, isi, tag, jenis, dan kategori tulisan.
  • Mengubah waktu tayang konten.

Terkait dengan biaya yang dikenakan kepada pengguna detik Travel:

Layanan di detikTravel tidak dikenakan biaya apapun. Gratis!

Terkait konten yang telah ditayangkan di detikTravel, pengguna detikTravel tidak dibenarkan untuk:

  • Mengubah waktu tayang konten.
  • Melakukan manipulasi dengan cara apapun terhadap fitur atribut yang terdapat pada konten, termasuk jumlah pembaca, jumlah peringkat (rating) dan jumlah komentar.
  • Admin tidak melakukan pengawasan terhadap konten sepanjang waktu. Pengguna detikTravel diminta ikut serta mengawasi dan memonitor konten di detikTravel dengan segera melaporkan konten yang melanggar Ketentuan Penggunaan kepada pihak detikTravel melalui email ke admin@detik.travel
  • Pengguna detikTravel juga bisa melaporkan pengguna detikTravel lain yang dianggap mengganggu kenyamanan dan atau melanggar Ketentuan Penggunaan dengan mengirimkan laporan kepada pihak detikTravel melalui email ke admin@detik.travel
  • detikTravel akan mempelajari setiap laporan yang masuk dan mengambil tindakan yang diperlukan.
  • Admin akan memberikan teguran terhadap penyalahgunaan fitur tersebut.

Program Poin d'Traveler


DetikTravel menghadirkan Program Poin d'Traveler untuk mengapresiasi d'Traveler yang mengirimkan artikel dan photo album pada detikTravel
d'traveler yang mengirim artikel dan photo album akan langsung mendapatkan poin setelah proses moderasi dan artikel sudah ditayangkan
Poin dihitung dari setiap moderasi yang berhasil dilakukan.

Jumlah poin untuk tiap aktivitas adalah sebagai berikut:
Setiap dtraveler mengirimkan 1x Artikel mendapat poin sebesar 150/artikel
Setiap dtraveler mengirimkan 1x Photo Album mendapat poin sebesar 100/Photo Album
Setiap dtraveler mengirimkan 1x Snapshot mendapat poin sebesar 30/Snapshot

SANKSI


Apabila terjadi pelanggaran terhadap Ketentuan Penggunaan, detikTravel akan melakukan tindakan tegas secara bertahap, mulai dari:
  • Penghapusan konten.
  • Pemberian teguran.
  • Peringatan.
  • Pemblokiran akun.
  • Penghapusan akun.
  • Konten yang melanggar Ketentuan Penggunaan akan langsung dihapus.
  • Penggunaan foto dengan tanpa izin dan atau tanpa menyebut pemilik atau sumbernya akan langsung dihapus.

PASAL SANGGAHAN

detikTravel beserta para pengelola dan detikcom selaku pihak yang menaunginya tidak bisa dituntut atau dimintai pertanggungjawaban atas penyalahgunaan dan hilangnya seluruh atau sebagian data pribadi dan atau konten yang telah ditempatkan dan atau ditayangkan di detikTravel.

Pengguna detikTravel setuju untuk membebaskan serta tidak membebani detikTravel beserta para pengelola dan detikcom selaku pihak yang menaunginya atas segala keluhan, protes, klaim atau permasalahan hukum yang terjadi yang disebabkan oleh konten yang dimasukkan dan atau ditayangkan di detikTravel.

Gugatan terkait penggunaan foto yang tidak sesuai dengan Ketentuan Penggunaan sepenuhnya menjadi tanggungjawab pengguna detikTravel yang mengunggahnya. detikTravel tidak bisa dituntut atau digugat atas penggunaan foto tersebut.

d'traveler adalah travel blogger yang menulis di detik travel. d'traveler bukan wartawan detik com dan atau detik travel. d'traveler tidak mewakili institusi detik travel dan detikcom

PERUBAHAN KETENTUAN PENGGUNAAN

detikTravel dapat setiap saat mengganti, menambah, atau mengurangi Ketentuan Penggunaan ini. Pengguna detikTravel terikat oleh setiap perubahan tersebut dan karenanya secara berkala diminta melihat halaman ini untuk memeriksa Ketentuan Penggunaan yang berlaku dan mengikat detikTravel.

PERUBAHAN DETIKTRAVEL

detikTravel berhak mengubah dan atau menghentikan sebagian atau seluruh layanan dan atau fitur sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

TANGGAL EFEKTIF

Ketentuan penggunaan ini terakhir direvisi pada April 2016.