DetikTravel
Travel Highlight Idul Fitri
  • Seker Bayrami, Festival Idul Fitri di Turki
    Festival unik saat Idul Fitri juga dimiliki oleh Turki. Negara yang terletak di antara benua Eropa dan Asia itu punya Seker Bayrami, festival gula yang serba manis dan telah berlangsung secara turun temurun di Turki.
  • Tukar Kado, Tradisi Unik Lebaran di India
    Menjelang Idul Fitri, biasanya akan ada aneka tradisi atau acara yang digelar untuk menyambutnya. Satu yang unik di India, ada tradisi tukar-menukar kado dalam rangka merayakan datangnya Hari Kemenangan itu. Seperti apa?
  • Bali Nggak Mau Kalah, Punya Tradisi Lebaran Juga
    Sekalipun mayoritas penduduk Bali beragama Hindu, namun umat Islam di sana juga memiliki tradisi lebaran. Menjelang Hari Raya Idul Fitri, umat Islam di Bali melakukan tradisi Ngejot, atau bagi-bagi makanan kepada tetangga.
  • Bagaimana Idul Fitri di Amerika Serikat?
    Sebagai negara liberal yang menjunjung keberagaman, perayaan Idul Fitri di Amerika Serikat juga tidak kalah meriah dengan di negara muslim. Ada banyak campuran budaya yang membuat perayaan Idul Fitri di AS kian semarak.
  • Cara Menikmati Festival Idul Fitri di Kampung Halaman
    Idul Fitri merupakan perayaan besar untuk umat Muslim. Berbagai daerah biasanya mengadakan festival dan tradisi khusus. Agar lebih maksimal dalam menikmati festival Idul Fitri, simak dulu tips berikut ini.
  • Penasaran? Seperti Ini Tradisi Idul Fitri di Afrika
    Setelah sebulan berpuasa, Idul Fitri menjadi perayaan umat Muslim dunia termasuk di Afrika. Idul Fitri juga dirayakan dengan meriah di berbagai negara Afrika. Kira-kira seperti apa ya perayaannya?
  • Cantiknya Festival Lebaran di Gorontalo dengan Lampu Minyak
    Mau tahu salah satu waktu terbaik mengunjungi Kota Gorontalo? Datanglah menjelang Idul Fitri, Anda akan disuguhi jalanan yang 'bercahaya' oleh ribuan lampu minyak. Inilah tradisi Tumbilotohe, yang ada sejak abad ke-15.
  • Idul Fitri di Tiongkok, Seperti Ini Ramainya
    Idul Fitri merupakan momen yang ditunggu umat Muslim dunia, termasuk di Tiongkok. Umat Muslim di sana berkumpul untuk salat Ied dan saling bermaafan. Traveler bisa larut dalam suasananya yang meriah dan penuh suka cita.
  • Mengenal Tradisi Lebaran di Malaysia
    Hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan berbagai cara oleh negara-negara Muslim. Layaknya Indonesia, negara tetangga yakni Malaysia juga punya banyak tradisi Idul Fitri. Seperti apa selebrasi Lebaran di negara ini?
  • Jelang Lebaran di Pontianak, Ada Festival Usir Kuntilanak!
    Kota Pontianak di Kalbar punya tradisi unik menjelang lebaran. Ada Festival Meriam Karbit yang diselenggarakan setiap tahunnya. Konon, salah satu tujuan festival ini adalah untuk mengusir Kuntilanak. Wah, seperti apa?
  • Lebaran di Jember, Ada Pawai Pedati
    Hari Raya Idul Fitri selalu berkesan di setiap daerah. Libur Lebaran di Jember dirayakan dengan tradisi Pawai Pegon. Traveler dapat melihat iring-iringan pawai pedati dengan hiasan hasil panen dan ketupat.
  • Nujuhlikur, Tradisi Bakar-bakaran di Bengkulu Jelang Lebaran
    Indonesia memang kaya dengan tradisi yang unik. Menjelang Lebaran di Bengkulu Selatan, ada tradisi malam Nujuhlikur dimana masyarakat akan membakar susunan tempurung kelapa. Suasana malam pun bakal lebih meriah!
  • Tradisi Bedulang, Pesta Makan Saat Lebaran di Bangka
    Biasanya, saling bermaafan jadi agenda wajib setelah salat Ied di hari raya Idul Fitri. Tapi di Bangka, ada lagi kegiatan seru yaitu makan bersama yang dinamakan Makan Bedulang. Libur Lebaran ke Bangka, ikutan Bedulang!
  • Berebut Hasil Bumi di Grebeg Syawal Yogyakarta
    Beda daerah di Indonesia, beda pula tradisi Idul Fitri-nya. Libur Lebaran di Yogyakarta, ada tradisi Grebeg Syawal. Orang-orang akan berebut hasil bumi yang sudah didoakan, wisatawan pun bisa menontonnya langsung.
  • Meugang, Tradisi Masak Daging Saat Lebaran di Aceh
    Masyarakat Aceh punya tradisi yang dilaksanakan 3 kali setahun, yakni sebelum Ramadan, Idul Adha, juga Idul Fitri. Meugang, begitu nama tradisi itu, dilakukan dengan memasak daging dan menikmatinya bersama warga lainnya.
1 2

Redaksi: redaksi[at]detik.travel
Moderator: admin[at]detik.travel
Media Partner: promosi[at]detik.com 
Iklan: sales[at]detik.com
Twitter Detik Travel
Follow us on @detiktravel
Email To Detik Travel

Contact Us

redaksi[at]detik.travel
admin[at]detik.travel
sales[at]detik.com