Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 14 Nov 2016 19:10 WIB

TRAVEL NEWS

Traveling Pakai Google App, Lebih Mudah & Tak Perlu Repot Ngetik

Sukma Indah Permana
Redaksi Travel
Foto: Jumpa pers #SelaluTauJOG dengan Google App (dok Google)
Foto: Jumpa pers '#SelaluTauJOG dengan Google App' (dok Google)
Yogyakarta - Di era digital yang serba modern, traveling bisa dilakukan dengan mudah. Untuk traveling yang lebih seru, Google memperkenalkan teknologi aplikasi Google App.

Melalui acara yang bertajuk '#SelaluTauJOG dengan Google App', Google mengajak masyarakat umum untuk mengeksplor Kota Yogyakarta dari sisi kesenian, budaya dan kulinernya. Dengan Google App, traveler tidak perlu lagi banyak mengetik untuk mencari informasi. Perintah suara yang akan direspon dengan suara juga, akan mempermudah kamu saat sedang di perjalanan.

"Saat Anda sedang melakukan aktivitas dengan kedua tangan seperti menyetir kendaraan, membaca, dan harus multitasking, aplikasi Google App bisa tetap membantu Anda mencari informasi yang dibutuhkan. Anda bisa bertanya pada Google dengan perintah suara," ujar Head of Product Communication Google Indonesia, Putri Silalahi dalam jumpa pers di Jogja Gallery, Jalan Pekapalan, Alun-alun Utara, Yogyakarta, Senin (14/11/2016)

Bahkan, kata Putri, teknologi voice search di Google App telah dikembangkan untuk bisa memahami perintah dengan menggunakan aksen dan bahasa tidak baku. Misalnya, Anda mengatakan, 'OK Google, gallery warisan di Yogyakarta'.

Fitur voice search akan bekerja dengan baik jika dalam setelah Bahasa Indonesia. Caranya dengan masuk ke 'Setelan' kemudian masuk ke 'Bahasa penelusuran' dan ubah menjadi Bahasa Indonesia. Selanjutnya, masuk ke pilihan 'Suara' dan pilih 'Bahasa Indonesia' sebagai bahasa utama dan simpan pengaturan.

Jangan lupa aktifkan Deteksi 'OK Google' pada pilihan 'Suara' untuk memaksimalkan fitur voice search di Smartphone Anda.

detiktravel bersama sejumlah media dan bloger mendapat kesempatan untuk menggunakan aplikasi ini untuk menemukan tempat unik di Yogyakarta. Dengan perintah, 'OK Google, Stadion Seni di Yogyakarta', aplikasi Google App membawa kami ke Stadion Kridosono yang letaknya sekitar 3 km dari Jogja Gallery. Tak hanya menunjukkan lokasi, estimasi waktu tempuh dan prakiraan cuaca, traveler juga bisa mendapat beberapa alternatif transportasi. Salah satunya adalah ojek Online.

"Kita juga langsung bisa pesan di situ, tidak perlu masuk aplikasi (Ojek Online) lagi," tutur Putri.

Ketika sampai di Stadion Kridosono, di sana telah ada kelompok seniman grafitti yakni 69Cartel yang sedang menorehkan karyanya di dinding Stadion tersebut. Mereka melukiskan suasana Yogyakarta dengan tagar #SELALUTAUYANGSERU di tengahnya. Peserta juga diperbolehkan ikut menyemprotkan catnya ke atas grafitti tersebut.

Dinding stadion yang terletak di tengah kota, tak jauh dari Jalan Malioboro ini memang tak pernah lepas dari tangan-tangan kreatif seniman grafitti. Tempat ini belakangan juga kerap menjadi lokasi foto prewedding.

Dari Stadion Kridosono, peserta kemudian mencari tempat makan siang dengan aplikasi Google App. Dengan berkata 'Angkringan dan restoran terdekat', kami semua dibawa ke De Kendhil Resto dan Angkringan di Jalan Kaliurang. Lokasinya berjarak sekitar 4 km dari Stadion Kridosono.

Di sana sudah menunggu Jogja Hip Hop Foundation (JHF) yang membawakan 3 buah lagu untuk peserta acara #SelaluTauJOG bersama Google siang tadi. Peserta juga mendapat pengalaman melukis gerabah yang sudah disediakan panitia.

Acara masih berlangsung hingga 20 November 2016 di 7 lokasi yang berbeda. Dimulai sore nanti, siapapun boleh ikut serta. Ada beragam hadiah untuk Anda yang bisa menemukan lokasi yang dimaksud Google App dengan clue tertentu.

"Setiap hari satu tempat selama 7 hari ke depan, gratis," tutur Putri.

Caranya, traveler hanya perlu follow akun Twitter @google_IDN atau Facebook Google Indonesia untuk memperoleh petunjuk sebuah lokasi yang diberikan lewat tagar #SelaluTauJOG. Seperti pada hari ini, melalui akun tersebut diketahui petunjuknya yaitu "Hotel dan Restoran Cozy di Yogyakarta".

Setelah menemukan lokasi dengan gambar logo Google di sana, maka Anda berada di lokasi yang tepat. Tunjukkan hasil pencarian Anda ke petugas dari Google di lokasi itu untuk mendapatkan hadiahnya.

"Macam-macam hadiahnya, ada dinner gratis misalnya, sesuai dengan jam operasional tempat itu. Tidak ada batasan jamnya," kata Putri. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED