Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 12 Apr 2017 13:50 WIB

TRAVEL NEWS

Kini Kawasan Konservasi Laut Bisa Diawasi Lewat Aplikasi Marine Buddies

Mukhlis Dinillah
Redaksi Travel
Ramon Tungka dan aplikasi Marine Buddies (Mukhlis/detikTravel)
Ramon Tungka dan aplikasi Marine Buddies (Mukhlis/detikTravel)
Wakatobi - Kawasan konservasi laut kini bisa dipantau lewat aplikasi Marine Buddies. Dari aplikasi ini, kita juga bisa mendapat banyak informasi soal perairan Indonesia.

WWF Indonesia mengajak publik ikut mengawasi pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam. Salah satunya melalui aplikasi berbasis android Marine Buddies. Lewat aplikasi itu publik bisa melaporkan adanya pihak-pihak yang merusak alam.

WWF Indonesia menjajal pengoperasian aplikasi Marine Buddies di salah satu konservasi perairan Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk pengenalan kepada wisatawan dan pelaku wisata.

Ramon Tungka bersama beberapa anggota WWF Indonesia berkesempatan bertatap muka dengan beberapa kelompok wisata di Wakatobi. Lalu mereka menjelaskan mengenai fungsi dan manfaat dari aplikasi tersebut.

"Intinya publik bisa mengenali, mengunjungi, serta mengawasi kawasan wisata perairan yang ada di Indonesia melalui aplikasi ini," kata Ramon di Pulau Hoga, Kaledupa, Wakatobi, Selasa (11/4/2017).
 Ramon Tungka memamerkan aplikasi Marine Buddies (Mukhlis/detikTravel) Ramon Tungka memamerkan aplikasi Marine Buddies (Mukhlis/detikTravel)


Melalui aplikasi ini juga WWF Indonesia ingin mendorong terjadinya perubahan dalam perilaku dan praktik wisata yang lebih ramah lingkungan. Tidak melakukan eksplorasi berlebihan yang bisa merusak keindahan alam itu sendiri.

Selain bisa mengawasi sumber daya alam, aplikasi ini juga dirancang untuk para wisatawan memberikan penilaian tentang lokasi wisata yang mereka kunjungi. Sehingga, lokasi wisata itu bisa menjadi referensi wisawatan lain yang belum pernah berkunjung.

"Kalau penilaiannya bagus kan orang lain akan penasaran untuk datang ke tempat ini," jelas dia.
 Relawan WWF menjelaskan aplikasi Marine Buddies (Mukhlis/detikTravel) Relawan WWF menjelaskan aplikasi Marine Buddies (Mukhlis/detikTravel)


Keunggulan dari aplikasi Marine Buddies ini juga menampilkan sederet informasi tentang kawasan-kawasan wisata perairan di Indonesia. Sehingga, wisatawan memiliki sedikit gambaran sebelumm berkunjung ke lokasi wisata yang diinginkan.

Untuk bisa mengakses aplikasi Marine Buddies tentunya sangat mudah. Publik atau wisatawan bisa mengunduhnya di playstore secara gratis. Lalu bisa memberikan penilaian dan laporan saat berada di lokasi wisata yang dikunjungi.

"Memang sejauh ini aplikasi Marine Buddie baru tersedia di playstore (android). Tapi sedang kami kembangkan agar bisa juga diakses oleh IOS (apple)," tutur Koordinator Komunikasi SDS WWF Indonesia Noverica.
 Aplikasi ini bisa memantau kawasan konservasi Wakatobi (Mukhlis/detikTravel) Aplikasi ini bisa memantau kawasan konservasi Wakatobi (Mukhlis/detikTravel)
(wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED

Wanita Cantik Panama dan Indonesia

Jumat, 26 Mei 2017 19:30 WIB

KBRI Panama City baru saja mengundang para selebgram dan public figure dari Panama ke Indonesia. Berikut foto-foto traveling mereka di tempat wisata Indonesia.