Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Jumat, 10 Agu 2012 19:09 WIB

TRAVEL NEWS

Orang Indonesia Datang & Belanja Paling Banyak di Singapura

Orchard Road, kawasan belanja terfavorit di Singapura (Faya/detikTravel)
Jakarta - Siapa sangka, wisatawan dari 5 negara yang mengunjungi Singapura ternyata paling banyak berasal dari Indonesia. Tahun 2011 saja, ada sekitar 2,5 juta turis Indonesia wara-wiri di Singapura. Wow!

Sejak tahun 2009, Indonesia sudah menduduki peringkat pertama dari wisatawan 5 negara yang paling sering pelesiran ke Singapura. Dengan angka 1.745.330 wisatawan yang datang berlibur, Indonesia berhasil mengungguli China, Malaysia, Australia dan India.

Hal ini pun berulang di tahun 2010 dan 2011. Tahun 2010, turis Indonesia yang melancong ke Singapura naik, menjadi 2,3 juta jiwa. Begitu pun pada tahun 2011, hampir 2,5 juta turis asal Indonesia bertandang ke Negeri Merlion.

Data ini lebih besar dibanding negara lain seperti China yang berada di urutan kedua dengan kunjungan wisatawan ke Singapura sejumlah 1,5 juta orang. Sebesar 1,1 juta wisatawan asal Malaysia datang ke Singapura, Australia sebesar 956 ribu wisatawan, dan India sebesar 868 ribu wisatawan, seperti yang disampaikan Singapore Tourism Board kepada detikTravel dalam media briefing di Bebek Bengil, Jl H Agus Salim No 132, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2012).

Data ini berdasarkan riset terbaru dari Singapore Tourism Board Product Update 8 Agustus 2012.

Di pertengahan tahun 2012 saja, pelancong asal Indonesia sudah kembali merajai Singapura dibanding turis asal negara lain. Sudah ada sekitar 1,1 juta turis asal Indonesia yang berlibur ke Negeri Merlion ini.

Penasaran kegiatan apa saja yang mereka habiskan selama di Singapura? Ya, belanja. Wisatawan asal Indonesia memang terkenal gemar belanja.

Kawasan yang ramai dikunjungi tentu saja Little India, Bugis, China Town, dan Orchard. Ini terbukti dengan persentase 31%, yang menyatakan shopping adalah kegiatan paling banyak dilakukan turis asal Indonesia.

Selebihnya, pelancong Indonesia menghabiskan uang hotel (19%), menikmati kuliner (9%). 40 Persen sisa uang orang Indonesia di Singapura dipakai untuk hal lain-lain seperti berobat, sekolah, dan urusan bisnis.

Alokasi uang belanja milik turis asal Indonesia ini lebih besar dibanding turis negara lain. Lihat saja India yang hanya menghabiskan 20% uangnya untuk belanja, Australia sebesar 17%, dan Jepang sebesar 15%.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA