Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Feb 2013 16:08 WIB

TRAVEL NEWS

7 Migrasi Hewan Terdahsyat yang Wajib Ditonton Wisatawan

Migrasi kepiting merah (Jean-Paul Ferrero/CNTraveler)
Migrasi kepiting merah (Jean-Paul Ferrero/CNTraveler)
Jakarta - Jangan mengaku suka alam bebas kalau belum pernah lihat migrasi hewan. Bayangkan Anda berada di tengah jutaan kepiting merah atau berperahu di atas jutaan ikan salmon. Inilah 7 migrasi hewan yang wajib ditonton turis.

Traveling tak sekadar menikmati destinasi wisata saja, tapi juga memberikan pengalaman unik dalam kehidupan. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari, mulai dari kebudayaan setempat, hingga fenomena alam seperti migrasi hewan.

Migrasi hewan adalah pergerakan periodik sekelompok hewan tertentu dari habitat asal, menuju tempat baru dan kembali ke habitat asal. Biasanya, migrasi ini dilakukan untuk mencari makan karena di habitat asal telah berkurang, atau pun karena kepentingan reproduksi.

Migrasi hewan biasanya menggunakan rute yang sama di setiap tahunnya. Traveler pecinta alam pun bisa dengan mudah menemukan fenomena migrasi seperti ini. Cukup cari tahu rute dan waktu migrasi.

Hampir seluruh migrasi terlihat begitu keren dan menakjubkan. Namun, hanya sedikit yang terlihat paling dahsyat. Dilongok dari CN Traveler, Senin (25/2/2013) inilah 7 migrasi hewan paling dahsyat yang wajib traveler tonton:

1. Salmon

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau ikan salmon adalah salah satu hewan yang rutin bermigrasi. Biasanya mereka bermigrasi untuk reproduksi. Jika tertarik melihat migrasi hewan ini, Anda bisa jalan menuju Teluk Bristol di Alaska.

Ini adalah salah satu lokasi migrasi dengan jumlah salmon terbesar di dunia. Ada jutaan ikan salmon kembali ke perairan tawar dari laut untuk berkembang biak setiap tahunnya.

2. Kupu-kupu monarch

Bayangkan betapa cantiknya langit ketika dipenuhi kupu-kupu yang beterbangan. Tak hanya satu atau dua individu, Anda bisa melihat ribuan kupu-kupu sejenis terbang di atas langit ketika musim migrasi tiba.

Salah satu jenis kupu-kupu yang rutin bermigrasi adalah kupu-kupu monarch (Danaus plexippus). Serangga yang ditemukan di Selandia Baru dan Australia ini mampu bermigrasi hingga 4.000 mil (6.437 km). Biasanya, mereka akan melewati Samudera Pasifik.

3. Kepiting merah

Jangan kaget jika Anda sedang liburan di Christmas Island, tiba-tiba ada banyak kepiting masuk ke pulau. Itu tandanya Anda datang di waktu migrasi tiba.

Pada saat itu, kepiting akan 'mengambil alih' pulau. Jutaan kepiting berwarna merah akan naik keluar dari pulau menuju lautan. Biasanya ini dilakukan untuk bertelur.

4. Kalong

Pernah lihat sekelompok kalong yang terbang bergerombolan di langit? Bisa jadi yang Anda lihat adalah sekelompok kalong yang sedang migrasi.

Mamalia terbang ini ada di mana-mana, tapi salah satu yang paling terkenal migrasinya adalah Straw-Colored Fruit Bats. Hewan ini biasa hidup di dataran Afrika. Setiap tahunnya, kalong ini bermigrasi menuju Taman Nasional Kasanka di Zambia pada bulan Oktober.

5. Hiu paus (Whale shark)

Selain salmon, hewan perairan lain yang juga mengalami migrasi adalah whale shark atau hiu paus. Mungkin tak banyak yang tahu secara pasti pola migrasi hewan ini. Namun, ribuan dari mereka akan melalui Semenanjung Yucatan, Meksiko mulai pertengahan Mei hingga September setiap tahun.

6. Penguin kaisar

Setiap bulan Maret, ratusan penguin kaisar melakukan perjalanan dari Pantai Antartika. Tujuan mereka adalah satu, untuk mencari lokasi terbaik menetaskan telur.

7. Flamingo

Burung cantik berwarna merah jambu ini juga merasakan migrasi. Selama musim panas, flamingo akan melakukan perjalanan di antara Danau Alkali di timur Rift Valley, Afrika. Flamingo juga banyak di Danau Nakuru, Kenya. Mereka rutin berdatangan karena danau ini memiliki banyak makanan.



(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED