Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 04 Apr 2013 12:01 WIB

TRAVEL NEWS

Begini Cara Naik Kereta Murah Keliling Eropa

Sri Anindiati Nursastri
Redaksi Travel
Kereta peluru TGV, Thalys, dan Eurostar di Stasiun Gare du Nord, Paris, yang bisa dipesan menggunakan Eurail (Fitraya/detikTravel)
Kereta peluru TGV, Thalys, dan Eurostar di Stasiun Gare du Nord, Paris, yang bisa dipesan menggunakan Eurail (Fitraya/detikTravel)
Paris - Naik kereta adalah salah satu cara menikmati indahnya Eropa. Kereta juga jadi transportasi favorit traveler saat keliling benua ini, karena bisa dinikmati dengan harga murah. Begini caranya.

Eropa seakan menggoda para traveler untuk menjelajah benuanya. Betapa tidak, rasanya sangat sayang kalau pergi ke Eropa tanpa berkeliling negara-negara eksotisnya. Adanya visa Schengen membuat perjalanan antar negara semakin mudah. Ada puluhan maskapai bujet yang terbang keliling Eropa dan sekitarnya. Belum lagi, kereta antar negara yang menyuguhkan panorama menawan.

Kereta menjadi transportasi favorit, bahkan impian, traveler yang ingin menikmati lanskap indah Eropa. Betapa tidak, Anda akan melewati tempat-tempat berpanorama indah. Perkotaan, pedesaan, perbukitan, dataran rendah. Anda juga bisa 'hinggap' di beberapa kota dan menikmati atmosfer setempat.

Kereta di Eropa terkenal nyaman. Beberapa kereta juga terkenal oleh kemewahannya, seperti Trans-Siberian Railway yang membelah Rusia dan Venice-Simplon-Orient-Express dari London ke Venesia. Tapi siapa sangka, ada cara murah keliling Eropa naik kereta.

Asma Nadia, penulis buku Jilbab Traveler yang sudah 3 kali berkeliling Eropa, pernah berkeliling benua tersebut naik kereta api.

"Memang lebih mahal, tapi lebih praktis karena stasiunnya selalu di pusat kota. Lain lagi kalau naik bis atau pesawat. Terminal atau bandara biasanya agak di pinggiran kota," tuturnya saat dihubungi detikTravel, Kamis (4/3/2013).

Bukalah situs Eurail, Rail Europe, dan InterRail. Lewat situs-situs ini, traveler bisa memesan beberapa tiket kereta secara terusan. Ada banyak rute kereta dengan harga yang lebih murah dibanding aslinya! Asyiknya lagi, Anda bisa memesan secara online termasuk dari Indonesia.

Eurail misalnya, Anda bisa menentukan sendiri itinerary yang diinginkan. Pilih sendiri jenis keretanya mulai dari High Speed Trains alias kereta peluru yang berkecepatan tinggi, Night Trains yakni kereta malam, Scenic Trains yang menyuguhkan panorama menawan, atau Regional Trains untuk berkeliling di satu negara.

Rute paling populer adalah Florence-Roma, Amsterdam-Brussels, Munich-Fussen, Praha-Wina, juga Lucerne-Interlaken. Kalau mau total menjelajah Eropa, Anda bisa membeli tiket kereta borongan Global Pass (15 hari-3 bulan, ke 24 negara) seharga 369 Euro (Rp 4,6 juta) saja!

Kalau ingin mengunjungi 3-5 negara dengan lama perjalanan 5-15 hari, Eurail menyediakan tiket Select Pass dengan harga mulai dari 234 Euro (Rp 2,9 juta). Ingin berkunjung ke 2 negara saja, tersedia Regional Pass dengan lama perjalanan 4-10 hari seharga mulai dari 131 Euro (Rp 1,6 juta). Terakhir, kalau ingin menjelajah 1 negara, Eurail menyediakan One Country Pass selama 3-10 hari dengan harga mulai dari 37 Euro (Rp 460.000)

Asma Nadia adalah salah satu traveler yang pernah naik Eurail. Menurut Asma, akan jauh lebih murah jika Anda naik kereta siang.

"Kereta siang lebih hemat dibanding malam. Dari Barcelona ke Paris sekitar 19 Euro (Rp 237.000). Dari Paris ke Wina juga murah," tuturnya.

Situs kedua yakni Rail Europe juga punya tiket terusan bagi traveler yang ingin menjelajah 28 negara di Eropa. Dalam situs Rail Europe terdapat boks bertuliskan 'find a rail pass'. Anda tinggal mengetik nama negara beserta lama kunjungan, situs tersebut kemudian akan merekomendasikan tiket terusan yang cocok bagi Anda.

"Kami jual tiket terusan, juga tiket regional atau perfektur. Traveler tinggal tentukan mau ke negara apa, biar kami yang buatkan itinerary-nya," tutur Arnita Yuliasari, konsultan Rail Europe Indonesia saat dihubungi detikTravel, Kamis (4/4/2013).

Lanjut Arnita, lama perjalanan disesuaikan dengan itinerary masing-masing. Anda yang mau keliling Eropa bisa mengambil tiket Global Pass.

"Tiket Global Pass paling murah 476 Euro (Rp 5,9 juta) untuk minimal 2 orang, lama perjalanan 15 hari," tuturnya.

Rail Europe juga menyediakan promo tiket misalnya Swiss Pass dengan harga 184 Euro (Rp 2,2 juta). Untuk 1 negara yakni National Pass, harganya berkisar antara 106-144 Euro (Rp 1,3-1,7 juta). Untuk tiket terusan 2 negara seperti France-Germany Pass, harganya 260 Euro (Rp 3,2 juta).

"Kemarin ada promo London-Paris. Yang biasanya 60 Euro (Rp 750.000) menjadi 55 Euro (Rp 680.000), tapi harus pesan beberapa bulan sebelumnya," jelas Arnita.

Anak perusahaan Eurail yakni InterRail juga menyediakan layanan serupa. Nah, InterRail bisa jadi pilihan kalau Anda traveling bersama keluarga. Harga tiket di InterRail tergantung usia. Ada remaja (25 tahun ke bawah), dewasa (26 tahun ke atas), orang tua (60 tahun ke atas), juga anak-anak (4-11 tahun).

InterRail juga menyediakan banyak diskon dan promo. Misal, traveler usia 25 tahun ke bawah bisa mendapatkan diskon 35% di hari pertama traveling naik kereta. Harganya juga cukup terjangkau, Global Pass mulai dari 101 Euro (Rp 1,2 juta) dan One Country Pass mulai dari 53 Euro (Rp 660.000).

Baik Eurail, Rail Europe, atau InterRail, traveler bisa memesan tiket terusan ini langsung lewat situsnya. Kalau lewat Rail Europe Indonesia yang berkantor di Apartemen Istana Harmoni (Jakarta) dan Jalan Bangka (Jakarta), Anda bisa langsung melakukan pembayaran tunai.

"Bisa cash payment, 2-3 minggu sebelum tanggal pemakaian. Semakin jauh hari semakin murah harganya, semakin gampang juga dapat seatnya," kata Arnita.

(ptr/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Melihat Liburannya 'Superman'

Selasa, 21 Nov 2017 23:44 WIB

Henry Cavill, pemeran Superman ternyata suka traveling. Di sela kesibukannya main film, dia menyempatkan berkunjung ke beberapa negara. Begini gayanya.