Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 10 Mar 2014 09:49 WIB

TRAVEL NEWS

Di Phuket, Paspor Curian Digunakan untuk Mencuri Motor

Sri Anindiati Nursastri
Redaksi Travel
(Sean MacEntee/ Phuket News)
(Sean MacEntee/ Phuket News)
Phuket - 2 Penumpang pada pesawat Malaysia Airlines yang hilang, menggunakan paspor curian. Paspor itu hilang di Phuket tahun lalu. Rupanya di Phuket, paspor curian jadi alat kejahatan termasuk pencurian motor rental.

Dua penumpang Malaysia Airlines Boeing 777 yang hilang di Laut Cina Selatan itu menggunakan paspor curian, atas nama Luigi Maraldi (Italia) dan Christian Kozel (Austria). Maraldi menuturkan, paspornya hilang di Phuket tahun lalu.

Phuket sebagai 'sarang kejahatan' sudah terkenal di seantero Thailand. Mirisnya, kejahatan ini tak hanya dilakukan oleh warga lokal tapi juga orang asing.

Seperti yang dialami saudara dari Jurgen Weber, pemilik Divers Inn Steakhouse di Krabi. Adik ipar wanita Weber punya tempat penyewaan motor di Lamai Beach, Koh Samui.

Weber bercerita, pada 2 Februari 2014 dua warga asing datang ke penyewaan motor tersebut. Mereka ingin menyewa motor atas nama teman, yang katanya, tak bisa datang ke tempat tersebut.

Dilansir dari Phuket News, edisi 28 Februari 2014, pelaku akhirnya menyewa Honda PCX. Motor tersebut seharusnya dikembalikan 2 hari setelahnya, namun mereka sama sekali tidak datang.

Saat petugas mengecek paspor Rusia yang diberikan ke tempat sewa motor, paspor itu telah kadaluarsa. Setelah dicek ke pihak imigrasi, orang Rusia pemegang paspor asli telah meninggalkan Thailand pada 2002 dan tak kembali lagi sampai sekarang.

"Kemungkinan besarnya, paspornya dicuri dan para turis itu menggunakannya untuk rental motor. Atau, ini adalah sebuah kelompok besar yang bekerjasama. Menggunakan paspor untuk mencuri sepeda," tutur Weber.

Weber juga menuturkan, ia meminta adik iparnya untuk mengedukasi staf mereka agar memeriksa paspor dengan lebih teliti. Cap imigrasi, visa, dan tanggal berlaku paspor.

"Dan tidak meminjamkan motor untuk pihak ketiga, hanya untuk nama yang tertera di paspor," tambahnya.

Weber berharap, kasus ini menjadi perhatian bagi semua pihak yang berada di Phuket. Tak hanya bagi turis, tapi juga bagi warga lokal.



(sst/sst)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Foto: Negara Tempat Lahirnya Kopi

Kamis, 20 Sep 2018 07:55 WIB

Inilah konon di mana biji kopi dilahirkan. Dari warung pedesaan hingga kafe kekinian menyajikan kopi yang berawal mula dari sini, tempat kelahirannya, Ethiopia.