Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Mar 2014 19:31 WIB

TRAVEL NEWS

4 Kasus Pesawat Hilang yang Mirip Malaysia Airlines

Afif Farhan
detikTravel
3

1. Air France Flight (2009)

Halaman 4 dari 10

(Reuters)
(Reuters)

5 Tahun lalu, pesawat Air France Flight dengan jenis Airbus A330 terbang dari Rio de Jenairo menuju Paris. Pesawat ini dilengkapi peralatan canggih, yakni sistem fly-by-wire yang dirancang untuk mengurangi kesalahan manusia dengan membiarkan komputer mengontrol penerbangan.

Namun apa daya, pesawat ternyata hilang kontak saat berada di atas Samudera Atlantik dan pencarian besar-besaran langsung dilakukan. Bahkan, pencarian dilakukan sampai 17 ribu kilometer persegi perairan laut yang belum dipetakan hingga kedalaman 4.700 meter. Setelah lima hari, akhirnya puing-puing pesawat dan beberapa jenazah penumpang yang tewas berhasil ditemukan.

Nahas, 228 penumpang dinyatakan tewas dalam pesawat tersebut dan tidak ada yang selamat. Kecelakaan diduga karena kelalaian pilot dalam mengantisipasi badai. Pilot salah membaca indikator kecepatan pesawat, yang mengakibatkan pesawat mengalami stall atau kehilangan ketinggian secara cepat ketika masuk awan badai. Tewasnya ratusan penumpang pada pesawat ini jadi salah satu tragedi kecelakaan pesawat yang mengerikan di dunia.

(aff/aff)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA