Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 25 Okt 2014 08:40 WIB

TRAVEL NEWS

Semarakan Malam Tahun Baru Islam, Ada Pawai Obor di Pondok Cina

hernisu
Redaksi Travel
Para peserta Pawai Obor (Suherni/detikTravel)
Para peserta Pawai Obor (Suherni/detikTravel)
Jakarta - Hari ini, Sabtu (25/10) diperingati sebagai Tahun Baru Islam 1 Muharram 1436 Hijriah. Berbagai wilayah punya tradisi khusus untuk menyemarakannya, seperti Pawai Obor di kawasan Pondok Cina, Depok yang jadi perhatian traveler.

Ratusan warga baik dari usia anak-anak hingga dewasa kompak memadu barisan sambil membawa obor. Parade tersebut dilakukan dengan berjalan kaki keliling kampung hingga ke jalan raya yang kerap menarik perhatian warga lainnya.

"Seru. Rame-rame bareng temen-temen, bisa jalin persahabatan juga," ujar Azis (14), salah satu peserta pawai obor saat ditemui di lokasi, Jumat malam (24/10/2014).

Selain temaram lampu obor dari bambu, diiringi juga lantunan shalawat dan irama bedug yang semakin menambah suasana sakral malam pergantian Tahun Baru Islam. Kegiatan yang sudah digelar pada tahun kedua ini diharapkan bisa mempererat tali silaturahmi dan menjadi kegiatan yang bernilai positif. Terutama bagi warga Pondok Cina, Depok, Jawa Barat.

"Untuk mengajak kembali warga dalam kegiatan islami seperti memperingati hari besar Islam dan juga memperat ukhuwah islamiah," ujar Hendra Wijaya, selaku ketua panitia Pawai Obor.

Pada minggu lalu digelar juga lomba azan dan hafiz quran. Selama pawai obor berlangsung, lalin di sepanjang ruas jalan Margonda Raya sempat tersendat beberapa saat, namun tak berlangsung lama. Terlihat beberapa petugas polisi mengatur arus lalu lintas.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED