Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 19 Des 2014 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Petualangan Seru 3 Hari 2 Malam di Jayapura

Afif Farhan
detikTravel
1

1. Hari ke-1 pagi: Tugu MacArthur

Halaman 2 dari 9

(Afif/detikTravel)

Perjalanan ke Jayapura bisa ditempuh naik pesawat dengan mendarat di Bandara Sentani. Sentani sendiri merupakan nama suatu distrik di Jayapura dan juga nama dari danau yang paling tersohor di sana.

Hanya sekitar 20 menit dari bandara, Anda bisa tancap gas menuju Komplek Rindam Jaya Kodam 8 Trikora, markas TNI. Saat di gerbang masuk, Anda hanya disuruh menaruh KTP sebagai bukti jaminan dan setelah itu bisa melanjutkan perjalanan. Bukan untuk melihat pelatihan tentara, tapi melihat kecantikan Danau Sentani dari sekitar kawasan Tugu MacArthur!

Di sanalah, terpampang lanskap Danau Sentani yang begitu mencuri hati. Pegunungan hijau yang ada di tiap pulau atau di daratan seberangnya, terlihat bagai bukit Teletubbies saja. Lalu, banyaknya pulau-pulau di atas danaunya terlihat seperti gugusan kepulauan. Apalagi airnya cukup tenang, membuatnya seolah lukisan alam yang maha dahsyat.

Selain memotret, Anda juga bisa mampir ke suatu rumah kecil di sana. Rumah yang biasa disebut dengan nama Museum MacArthur ini menyimpan sejarah tentang Perang Dunia II dan Jendral Douglas MacArthur. Dialah seorang jendral dari angkatan perang AS pada masa Perang Dunia II yang membangun markasnya tepat di kawasan tugunya.

Sedikit tentang kisahnya, Jendral Douglas MacArthur dan pasukannya tinggal di sana sekitar tahun 1941-1944. Mereka pun membangun markas, untuk mengintai pesawat-pesawat Jepang. Sejarah lengkapnya, bisa Anda baca dan lihat dari kliping koran atau foto-foto dokumenter di dalam museumnya.

Tiket masuk ke dalam Museum MacArthur pun dipungut secara sukarela. Rasanya tak disangka, tentara Amerika pernah mendirikan markas di tanah Papua.

(shf/fay)

BERITA TERKAIT
BACA JUGA