Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 15 Mei 2015 08:20 WIB

TRAVEL NEWS

Mengapa Banyak Traveler yang Suka Burung Kakatua?

Kurnia Yustiana
detikTravel
Kakatua jambul kuning (Kurnia/detikTravel)
Kakatua jambul kuning (Kurnia/detikTravel)
Jakarta - Banyak traveler yang senang bertemu kakatua jambul kuning di Taman Burung, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur. Tapi tampaknya masih banyak juga yang memeliharanya di rumah. Sebenarnya, apa sih keistimewaan kakatua?

"Kakatua diminati masyarakat karena memang berbeda dari jenis burung lain. Punya intelegensi di atas rata-rata, mudah adaptasi," ujar Kepala Unit Taman Burung TMII Muhammad Piter Kombo dalam wawancara khusus kepada detikTravel di Taman Burung TMII, Jakarta Timur, Senin (11/5/2015) kemarin.

Ia mengatakan dengan intelegensi yang lebih tinggi dibanding burung lain, kakatua lebih mudah untuk dilatih dan lebih cepat akrab dengan manusia. Jadi, terbentuk sebuah pola pikir bahwa kakatua itu paling asyik untuk dipelihara.

Namun, pola pikir seperti itu jelas salah.‎ Burung dengan intelegensia bukan alasan untuk dipelihara.

"Masyarakat pola pikirnya kakatua itu bisa dipelihara. Padahal jangan seperti itu. Burung dengan tingkat intelegensi seperti ini lebih sulit perawatannya," jelas Kombo.

Burung dengan intelegensi seperti kakatua, memang butuh perawatan lebih dibanding yang lainnya. Jika tidak dirawat dengan tepat, pertumbuhan dan perkembangan kakatua bisa terganggu. Padahal burung jenis ini sudah terancam punah dan harus segera diselamatkan.

"Kalau tidak diselamatkan sekarang, masa mau ditunggu sampai punah?" ucap Kombo.

Jadi bagi traveler yang masih memelihara kakatua, sebaiknya segera menyerahkannya ke pihak Badan Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA). Nantinya, kakatua akan dirawat di penangkaran terlebih dahulu sebelum dilepas ke habitat aslinya.

Nah, kalau kangen dan ingin bertemu si jambul kuning serta jenis kakatua lainnya, traveler bisa berkunjung ke Taman Burung. Tak hanya bisa melihat kakatua, traveler juga dapat menyaksikannya berjoget hingga foto bareng lho!

(krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA