Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Nov 2015 17:11 WIB

TRAVEL NEWS

Kemeriahan Festival Wonderful Indonesia di Australia

Afif Farhan
Redaksi Travel
Musisi Sandy Shandoro mengisi acara di Festival Wonderful Indonesia (Erwin Renaldi/ABC Internasional)
Musisi Sandy Shandoro mengisi acara di Festival Wonderful Indonesia (Erwin Renaldi/ABC Internasional)
Melbourne - Warga Australia di Melbourne, baru saja menyaksikan aneka pagelaran budaya dan kuliner Indonesia di Festival Wonderful Indonesia. Acara yang berlangsung meriah dan mencuri perhatian sekitar 5.000 pengunjung.

Dilansir Australia Plus, Senin (16/11/2015) Festival Wonderful Indonesia digelar di ruang terbuka di kawasan Queensbridge Square, daerah Southbank, Melbourne pada Sabut (14/11) kemarin. Cuaca yang mendukung, cukup hangat setelah beberapa hari sebelumnya mendung dan berangin, membuat kawasan ini ramai dikunjungi orang.

Tak hanya itu, karena lokasinya yang strategis, dekat dengan pusat kasino dan wisata kuliner di Southgate, membuat banyak orang yang lewat kawasan ini mampir sebentar untuk melihat festivalnya. Diperkirakan ada sekitar 5.000 pengunjung yang datang sejak Sabtu pagi.


(Erwin Renaldi/ABC Internasional)

Festival yang didukung oleh Kementerian Pariwisata Indonesia ini disebut-sebut menawarkan sesuatu yang berbeda setiap tahunnya. Tahun ini ada kombinasi antara budaya Indonesia dan Australia.

"Kombinasi antara budaya Indonesia dan Australia, salah satunya ada musisi ternama asal Indonesia (Sandhy Sondoro) dan Australia (Justice Crew), juga penampilan dari sejumlah budaya asal Indonesia dan beberapa penarinya adalah orang lokal Australia," kata Menteri Pariwisata Indonesia, Arief Yahya.

"Australia merupakan pangsa pasar wisata Indonesia, setelah Singapura, Malaysia, dan Cina, jadi masuk ke jajaran Top 5. Pilihan kebanyakan warga Australia adalah Bali, dan lewat festival ini kita mempromosikan 10 wisata baru di tahun depan, seperti Danau Toba, Tanjung Kelayang, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, sampai Wakatobi," tambahnya.

Diantara para pengunjung yang datang adalah seorang guru bahasa Indonesia di salah satu sekolah di Australia, yang sengaja mengajak murid-muridnya untuk datang ke festival tersebut.

"Saya senang melihat orang Australia berinteraksi dengan orang Indonesia di sini, di Australia," Samantha Shaarif kepada Erwin Renaldi dari ABC Internasional.


(Erwin Renaldi/ABC Internasional)

Samantha berharap lewat festival seperti ini dapat mendukung pemahaman yang lebih baik soal budaya dan warga Indonesia, sehingga bisa terus meningkatkan hubungan antara kedua negara. Bahkan beberapa warga lokal Australia terlihat menggunakan sejumlah baju dan aksesoris khas Indonesia untuk menunjukkan ketertarikan dan penghargaan terhadap budaya negara tetangga terdekatnya.

"Festival ini bagus sekali, saya senang sekali musiknya, tariannya, dan saya ingin mencoba makanan yang belum dicoba. Saya vegetarian jadi saya akan cari gado-gado atau ketoprak,"kata Geof Gilliard yang datang menggunakan batik lengkap dengan peci.

Bertepatan dengan hari yang sama, acara yang mempromosikan budaya Indonesia juga digelar di ibu kota Australia, Canberra. Provinsi Jawa Timur dan Lampung menjadi fokus perhatian festival Indonesia untuk mendongkrak hubungan bisnis dan ekonomi di dua provinsi tersebut.


(Erwin Renaldi/ABC Internasional)

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED