Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Jan 2016 18:15 WIB

TRAVEL NEWS

Grebeg Maulud & Aneka Festival Seru Bulan Desember 2016

Grebeg Maulud (Harry Septian/dTraveler)
Jakarta - Meski masih Januari, tak ada salahnya bersiap untuk aneka festival sepanjang tahun 2016. Setidaknya ada 6 festival seru yang akan digelar Desember nanti.

Akhir tahun mendatang, setidaknya ada 6 festival seru yang akan digelar di beberapa wilayah Indonesia. Mengutip buku Calendar Events 2016 keluaran Kementerian Pariwisata, Kamis (7/1/2016), bulan Desember dipenuhi festival budaya sampai olahraga.

Pertama adalah Bintan Golf Challenge yang akan digelar di Bintan, Kepulauan Riau. Dari sekian banyak lapangan golf di Indonesia, Ria Bintan Golf Course terletak di Pulau Bintan didaulat sebagai yang terbaik. Akhir tahun ini, sekitar 400 pemain golf dari berbagai negara akan berkompetisi menjadi yang terbaik.


Bintan Golf Challenge (indonesia.travel)

Agenda kedua adalah Festival Gendang Beleq yang akan digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ini adalah festival tepat bagi kamu pecinta musik dan perkusi. Gendang Beleq sendiri merupakan alat musik tradisional masyarakat Lombok yang ciamik saat dipadu-padankan dengan alat musik modern lainnya.


Festival Gendang Beleq (Rachman Haryanto/detikTravel)

Traveler pecinta wisata budaya wajib memasukkan Yogyakarta dalam daftar destinasi bulan Desember. Grebeg Maulud, biasa disebut juga Grebeg Sekaten adalah puncak dari tradisi Sekaten. Anda bisa 'tumplek blek' bareng warga lokal untuk berebut beragam jenis seserahan di Gunungan. Prosesi pengantaran Gunungan oleh pasukan Keraton Yogyakarta jadi tontonan yang tak boleh terlewatkan.


Grebeg Maulud (Harry Septian/dTraveler)

Masih di bulan yang sama, Kora-kora Festival akan digelar di Ternate. Festival budaya ini mempertunjukkan aneka kekayaan budaya Maluku Utara, dari tarian sampai musik dan kuliner. Kamu juga bisa melihat lomba perahu tradisional yang digelar di pesisir pantai.

Masih seputar perahu, Kotabaru di Kalimantan Selatan juga akan menggelar lomba perahu tradisional. Katir Race, begitu nama festivalnya, memperlihatkan tradisi lokal yaitu lomba perahu nelayan. Lomba ini memang biasa dilakukan nelayan setempat saat kondisi laut dan cuaca sedang tidak memungkinkan untuk menangkap ikan. Tak sedikit turis yang datang untuk melihat keseruannya!

Terakhir adalah Musi Triboatton. Event yang rutin digelar di Palembang, Sumatera Selatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Selain lomba perahu, traveler juga bisa melihat aneka pameran dan festival yang digelar sepanjang bantaran Sungai Musi.


Musi Triboatton 2015 (Wahyu Setyo/detikTravel)

Karena masih akhir tahun, dalam buku Calendar Events 2016 belum tercantum kisaran tanggal digelarnya festival. Namun tak ada salahnya bersiap-siap dari sekarang. Mengunjungi destinasi saat ada festival seru tentu membuat traveling lebih menarik!

(sst/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA