Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Sabtu, 16 Apr 2016 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Meriah! Festival Langkisau di Pesisir Selatan Kembali Digelar Tahun Ini

(Randy/detikTravel)
Painan - Dalam rangka mempromosikan budaya Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat, Festival Langkisau kembali digelar. Tari-tarian hingga pertunjukan budaya dipertontonkan.

Nama Painan di Kabupaten Pesisir Selatan menyimpan aneka destinasi wisata hingga budaya yang memesona. Untuk mempromosikannya, hari ini Festival Langkisau kembali diadakan di Pantai Carocok untuk yang ke-14 kalinya. Festival pun dibuka hari ini, Sabtu (16/4/2016),dengan pemukulan gendang oleh Bupati Pesisir Selatan, Hendroji serta perwakilan dari Kemenpar.

"Festival ini udah yang ke-14 kali. Jadi Festival Langkisau pertama dalam rangka memeriahkan ulang tahun Kabupaten Pesisir Selatan, kita sandingkan. Juga sebagai wadah dalam melestarikan nilai adat dan budaya lokal yang dimiliki masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan," ujar Kadisparekraf Pesisir Selatan, Gunawan

Festival Langkisau 2016 bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan yang ke-68. Bedanya dari tahun lalu, Festival Langkisau kali ini menghadirkan Festival Burung Berkicau dalam rangkaian acaranya. Sayangnya, acara rutin tahunan paralayang yang biasanya digelar berbarengan dengan Festival Langkisau terpaksa tidak dihadirkan dengan pertimbangan tertentu.

"Kita sekarang nambahnya cuma Festival Burung Berkicau. Yang keluar tahun ini paralayang," tambah Gunawan.


(Randy/detikTravel)

Menurut Bupati Pesisir Selatan, Hendroji, Festival Langkisau hingga pariwisata Mandeh yang disebut sebagai 'Raja Ampat dari Sumbar' juga telah meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pesisir Selatan. Baik wisman maupun wisnus.

"Bahwa 3 tahun ini wisatawan domestik dan manca negara yang berkunjung ke Pesisir Selatan naik cukup signifikan di banding sebelumnya," ujar Hendroji.

Sedangkan dari pihak Kemenpar, turut memberikan kontribusi melalui Pesona Indonesia dalam bentuk promosi wisata hingga dana. Tujuannya tentu adalah untuk mengenalkan potensi wisata Kabupaten Pesisir Selatan pada para wisatawan.

"Saya ucapkan selamat untuk Festival Langkisau. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi dan sukses untuk tahun ini," ujar Asdep Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar, Raseno Arya.

Usai pembukaan festival, acara pun dilanjutkan dengan parade budaya hingga Lomba Selaju Sampan yang akan dilangsungkan pagi hari ini. Sejumlah stand bazaar yang menampilkan produk lokal pun turut meramaikan Festivial Langkisau tahun ini.

(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA