Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 12 Mei 2016 07:30 WIB

TRAVEL NEWS

Traveler Menyebalkan di Pesawat: Becanda Bawa Bom & Mabuk

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Traveler yang mabuk di pesawat Siberian Airlines dan diikat agar tak berulah (Youtube)
Foto: Traveler yang mabuk di pesawat Siberian Airlines dan diikat agar tak berulah (Youtube)

FOKUS BERITA

Traveler Menyebalkan
Jakarta - Banyak kejadian traveler menyebalkan di pesawat, yang bisa membuat penerbangan ditunda. Mereka yang mabuk, membuka pintu pesawat serta becanda soal bom!

Bukan hanya sekali, tapi beberapa kejadian dari tiga jenis traveler itu sudah kerap terjadi. Tentu saja, traveler lain yang berada di pesawat akan merasa sangat terganggu dan dongkol. Terang saja, apa yang mereka lakukan dapat membuat penerbangan ditunda dan jadwal perjalanan jadi berantakan.

Dirangkum detikTravel, Kamis (12/5/2016) berikut traveler menyebalkan di pesawat yang mabuk, membuka pintu pesawat dan becanda bawa bom. Ini dapat menjadi pelajaran, bahwa tiga hal tersebut sangat menyebalkan dan membuat orang lain kesal. Jangan dicontoh ya!

Para pria yang mabuk di penerbangan Jet2 dari Skotlandia ke Spanyol (Youtube)
1. Mabuk

Beruntung, belum pernah ada penerbangan di Indonesia yang bermasalah gara-gara penumpang mabuk. Lain cerita di luar negeri, penumpang mabuk sudah sering kali menganggu penerbangan. Karena mereka bikin onar dan kadang menyerang orang lain.

Pertengahan tahun 2015 kemarin, suasana mencekam terjadi di pesawat Jet2 dari Skotlandia ke Spanyol. Ada sekelompok traveler pria mabuk yang terus berteriak, bernyanyi hingga bertengkar dengan salah satu penumpang wanita di pesawat. Begitu pesawat mendarat di Benidorm, Spanyol kepolisian setempat langsung meringkus para pria tersebut. Mereka semua pun dilarang terbang lagi dengan Jet2!

Masih di tahun 2015, seorang pria bikin onar pada penerbangan pesawat Siberian Airlines dari Hong Kong menuju Bandara Vladivostok di Rusia. Dia mabuk, lalu menganggu wanita dan bikin ribut. Celakanya, itu adalah penerbangan jarak jauh.

Para traveler lain di dalam pesawat mengambil tindakan. Seorang pria lain, berusaha mendorong dan menjatuhkannya. Kemudian traveler lain, mengikat badannya dengan sabuk pengaman dan selotip. Itu dilakukan, agar pria yang mabuk tersebut tidak makin berulah. Sesampainya di bandara di Rusia, polisi pun mengamankannya. Rasakan!

Di awal tahun 2016, pria mabuk naik penerbangan pesawat Wizz Air dari Gdansk di Polandia menuju Bandara Keflavik di Islandia. Selama di pesawat, dia menggoda wanita, pramugari dan menyerang penumpang lain. Pihak maskapai langsung mengontak kepolisian Islandia. Tak butuh waktu lama saat pesawat mendarat, para polisi masuk dan menahan pria mabuk itu.

2. Buka pintu pesawat

Peristiwa pada akhir tahun 2014 di maskapai Xiamen Airlines yang berangkat dari Hangzhou menuju Chengdu, tidak akan dilupakan para traveler yang naik pesawatnya. Semua sudah lancar dan pesawat hendak lepas landas, tapi tiba-tiba berhenti. Gara-garanya seorang pria membuka pintu pesawat!

Beberapa traveler yang melihat aksinya, sempat dibuat panik. Beruntung, awak kabin bergerak cepat dan pilot menghentikan pesawat. Pria paruh baya itu mengaku baru pertama kali naik pesawat dan membuka pintunya untuk menghirup udara segar. Duh!

Pria paruh baya yang membuka pintu pesawat dan langsung ditegur pramugari (Youtube)
Beda cerita dengan turis asal Jerman ini, yang naik pesawat Jet Airways dari Abu Dhabi ke Mumbai, India di awal tahun 2016 ini. Begitu pesawat mendarat, dia langung diringkus dengan aparat setempat karena ulahnya membuka pintu pesawat!

Beruntung, dia membuka pintu pesawat saat pesawat sudah mendarat sempurna. Aksinya tentu membuat traveler lain jantungan. Tak hanya itu, turis tersebut pun makin dikecam dan dinilai harus dipidana berat karena alasan dia membuka pintu pesawat hanya karena, 'just for fun'.

Larangan becanda bawa bom dari Kemenhub (Istimewa)
3. Becanda bawa bom

Di dalam negeri, peristiwa becanda bawa bom marak terjadi di awal tahun 2016 ini. Padahal jelas-jelas, ada peraturan UU No 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan yang berisi sanksi sesuai Pasal 437. Sanksinya yakni berupa pidana dari 1 sampai 15 tahun penjara!

Pada Januari 2016, ada penumpang pesawat Lion Air yang terbang dengan tujuan Pekanbaru ke Medan becanda bawa bom. Ketika sudah boarding, penumpang yang merupakan oknum anggota TNI AD, bilang ke pramugari di tasnya ada bahan peledak. Lantas saja, semua penumpang diturunkan dan pesawat disterilkan. Tidak ada bom yang ditemukan, dan pesawat harus delay 2,5 jam.

Masih di bulan Januari 2016, kejadian serupa terjadi pada pesawat Lion Air JT 533 rute Solo-Jakarta. Para penumpang yang sudah duduk manis di dalam pesawat terpaksa diturunkan dan pesawat dicek oleh kepolisian. Gara-garanya, ada penumpang yang bilang bawa bom saat ditanya barang yang dibawa oleh pramugari.

Akibat ulah tersebut, seluruh penumpang terpaksa turun kembali menunggu di ruang tunggu Bandara Adisumarmo. Sementara orang yang melempar candaan langsung diamankan petugas dan Danlanud juga ikut turun tangan. Pesawat pun mengalami delay hingga 1 jam lebih.

Becanda bawa bom tidak ada lucu-lucunya. Membuat traveler lain kesal dan geram, karena penerbangan harus tertunda. Tentu Anda tidak mau, dicap sebagai penumpang yang menyebalkan bukan? (aff/aff)

FOKUS BERITA

Traveler Menyebalkan
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED