Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 31 Mei 2016 12:10 WIB

TRAVEL NEWS

Pemerintah Akan Revitalisasi Museum Untuk Menarik Pengunjung

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Kemdikbud dan sejumlah stakeholder museum dan seniman (dok. Asosiasi Museum Indonesia)
Kemdikbud dan sejumlah stakeholder museum dan seniman (dok. Asosiasi Museum Indonesia)
Denpasar - Museum merupakan tempat belajar sekaligus destinasi wisata. Untuk itu, Pemerintah beserta stakeholder terkait berencana untuk melakukan revitalisasi museum.

Bedasarkan rilis yang diterima detikTravel dari Asosiasi Museum Indonesia, Selasa (31/5/2016), tengah digelar Pertemuan Nasional Museum Se-Indonesia di Hotel Sanur Paradise Plaza, Denpasar, Bali, Senin (30/5) malam.

Selain Pemerintah, hampir seluruh tokoh-tokoh permuseuman, budayawan, seniman dan maestro seluruh Indonesia hadir untuk memeriahkan pertemuan yang bertema 'Mewujudkan Ekosistem Museum yang Berkarakter dan Berkepribadian Nasional.'

Acara di dibuka melalui tari-tarian khas bali dan pemukulan kul kul sebagai tanda yang melambangkan semangat persatuan dan kekeluargaan. Hadir juga dalam acara Tersebut, Jefri Riwu (Komisi X DPR), Dewa Putu Bratha (Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali), Nyoman Gunarsa (maestro), Harry Darsono (maestro).


Tarian Bali membuka acara (dok. Asosiasi Museum Indonesia)

Pagelaran tahunan ini diselenggarakan atas kerja sama Kemdikbud, AMI (Asosiasi Museum Indonesia) - AMIDA (Asosiasi Museum Daerah), serta Pemerintah Provinsi dan kota Bali untuk membahas permasalahan-permasalahan museum yang ada dan mencarikan solusi dengan beberapa opsi seperti teknologi digital untuk pengembangan museum, peningkatan citra museum, SDM cerdas serta kreatif dan pelibatan publik dalam pengembangan museum.

Mewakili Menteri Mendikbud Anies Baswedan, Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Nono Adya Supriyatno mengapresiasi kepada seluruh kepala Museum Seluruh Nasional atas terselenggaranya acara ini.

"Lewat forum pertemuan nasional museum ini, mari kita bangun komunikasi membahas isu strategis untuk memperluas informasi bagi masyarakat, karena museum menjadi tanggung jawab keseluruhan," ujar Nono.

Nono juga menambahkan bahwa pemerintah saat ini sedang membangun Museum ke depan agar menjadi sumber belajar, tempat penelitian dan pengembangan bagi suatu peradaban yang pernah terjadi.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Museum di Indonesia, Putu Supadma Rudana mengatakan, museum-museum di Indonesia harus segera direvitalisasi untuk menarik minat pengunjung.

"Sebanyak 426 Museum di Indonesia ini sangat membutuhkan perhatian yang komprehensif. Pertemuan ini diadakan untuk membahas dan berdiskusi mengenai masa depan museum agar lebih berkembang dan berkualitas dalam melayani masyarakat dan menjawab tantangan museum di skala internasional," ujar Putu.


Para stakeholder terkait (dok. Asosiasi Museum Indonesia)

AMI juga berharap agar Pemerintah dan DPR segera membentuk badan permuseuman Indonesia karena sinkron dengan undang-undang ekonomi kreatif yang telah diusulkan pemerintah.

"Museum ini memegang peran penting dalam kebudayaan, jati diri bangsa dan destinasi utama pariwisata. Kami berharap, action perubahan museum ke yang lebih baik segera terealisasi," jelas Putu.

Dalam pertemuan tersebut, maestro dunia Nyoman Gunarsa menyempatkan diri menggambar sketsa wajah Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Nono Adya Supriyatno. Diiringi tari cendrawasih (maestro Swasti Bandem) dan tari oleg tamulilingan (maestro I Ketut Mario). Nyoman hanya memerlukan waktu 20 menit saja untuk membuat sketsa tersebut.

Pertemuan Nasional Museum ini akan diselenggarakan mulai 30-1 Juni 2016. Diharapkan pertemuan Nasional Museum ini dapat menjadi forum bagi insan permuseuman, pengetahuan baru dan bertukar pengalaman bagi kepala museum se-Indonesia bagaimana mengelola dan mengembangkan museum dengan baik.

(krn/rdy)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.