Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 03 Jun 2016 07:50 WIB

TRAVEL NEWS

Nias yang Tak Kalah Cantik dari Tempat Liburan Pangeran William

Afif Farhan
Redaksi Travel
Nias yang diberkahi alam nan cantik (Fransiscus Amonio Halaw/dTraveler)
Nias yang diberkahi alam nan cantik (Fransiscus Amonio Halaw/dTraveler)
Jakarta - Kepulauan Seychelles dikenal tempatnya liburan selebriti dunia, Pangeran William dan Kate Middleton pun pernah ke sana. Tapi, Indonesia juga punya Kepulauan NIas yang tak kalah cantik.

Kepulauan Seychelles berada di sebelah timur Madagaskar, di perairan Samudera Hindia. Seychelles adalah negara kepulauan dengan lebih dari sekitar 200 pulau. Pangeran William dan Kate Middleton, tercatat pernah berbulan madu ke sana setelah menikah.

Dalam acara launching 'Nias Pesona Pulau Impian' di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (2/6/2016) malam, Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli membandingkan antara Kepulauan Seychelles dan Kepulauan Nias. Semenjak tahun 2013, kedua kepulauan ini memang sudah bekerja sama dan saling studi banding dalam ranah pariwisata.

"Kami sudah ke sana, ke Kepulauan Seychelles. Yang saya lihat, Nias tidak kalah dari alam dan budayanya," ujarnya.


Pantai berpasir putih di Nias, banyak! (Berkatdo Saragih/dTraveler)

Dia menjabarkan, Nias merupakan gugusan pulau yang terdiri dari 132 pulau. Ada 5 kabupaten kota, yakni Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat dan Kota Gunung Sitoli. Soal pariwisata, Nias punya potensi dahsyat!

"Kabupaten Nias punya 24 destinasi wisata, Nias Selatan paling banyak 40 dengan lompat batu yang paling terkenal di sana, Nias Utara ada 12, Nias Barat ada 3 dan Gunung Sitoli ada 10. Terumbu karang di Kepulauan Nias indah, pantainya pasir putih dan spot-spot di Nias masuk dalam daftar tempat surfing terbaik di dunia seperti di Pantai Lagundri, Pulau Asu dan di Pulau Tello," kata Sokhiatulo.

Di Pantai Tello misalnya, tinggi ombak di sana mampu mencapai 6 meter. Sedangkan di Pulau Lagundri, lipatan gelombang yang tingginya mampu mencapai 7 hingga 10 meter dengan lima tingkatan akan menantang para peselancar.


Ombak di Nias sudah diakui kegaharannya oleh dunia (Leonardo del maffeo/dTraveler)

Namun Sokhiatulo mengungkapkan, soal fasilitas dan prasarana penunjang pariwisata, Kepulauan Nias masih kalah jauh dari Kepulauan Seychelles. Promosi pariwisatanya pun masih kurang, maka oleh karena itu lewat 'Nias Pesona Pulau Impian', tiap pemerintahan kabupaten kota di Kepulauan Nias akan bergandeng tangan demi memajukan pariwisata.

"Pembangunan pariwisata Kepulauan Nias perlu sinergi satu kepulauannya. Tidak bisa jalan sendiri-sendiri. Harus serentak, kita pilih potensi wisata dan ajukan ke Kementerian pariwisata untuk masuk program nasional," pungkasnya.

(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED