Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Okt 2016 17:40 WIB

TRAVEL NEWS

Suriah Pakai Soundtrack Game of Thrones Buat Promosi Pariwisata

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Foto: Pemandangan Kota Aleppo dari ketinggian (Syrian Ministry of Tourism/Facebook)
Foto: Pemandangan Kota Aleppo dari ketinggian (Syrian Ministry of Tourism/Facebook)
Aleppo - Banyak cara untuk menarik wisatawan. Kementerian Pariwisata Suriah pun membuat video untuk mempromosikan pariwisata di sana memakai soundtrack Game of Thrones.

Film serial Game of Thrones sudah demikian populer di seluruh dunia. Mungkin itu yang mendasari Kementerian Pariwisata Suriah untuk memakai soundtrack lagu film ini, sebagai pengiring video kampanye pariwisata mereka.

Video ini pun diunggah ke dunia maya lewat akun Facebook resmi mereka. Dilihat detikTravel dari Facebook, Kamis (6/10/2016), video ini langsung jadi viral. Tercatat sudah 165 ribu orang telah menontonnya, dan sekitar 200 orang mengomentari video ini.

Video berdurasi 1 menit ini menampilkan keindahan Kota Aleppo dilihat dari udara. Dilihat dari cara pengambilan gambarnya, dipastikan video tersebut diambil menggunakan drone. Drone ini diterbangkan di atas beberapa destinasi di Kota Aleppo.

Panorama Kota Aleppo yang hijau, sejuk, dan penuh kedamaian pun terekam dalam video kampanye wisata tersebut. Sangat kontras dengan yang ada di dalam bayangan kita, dimana Kota Aleppo sedang porak poranda akibat perang yang berkecamuk.

Di akhir video, Pemerintah Suriah pun mencantumkan tema besar untuk kampanye wisatanya, yaitu 'Aleppo: The Will Of Life'. Itu untuk menunjukkan bahwa Kota Aleppo sebenarnya sangat indah dan cocok untuk destinasi liburan traveler.

Meski videonya cukup keren, namun tetap saja ada kontroversi yang mengiringinya. Pihak HBO selaku pemegang lisensi Game of Thrones, mengaku tidak pernah memberi izin atau dimintai izin oleh Pemerintah Suriah, untuk penggunaan soundtrack yang diciptakan oleh komposer Ramin Djawadi tersebut.

Selain itu, beberapa orang traveler menganggap penggunaan soundtrack Game of Thrones kurang pas untuk digunakan sebagai musik latar video promosi pariwisata. Mengingat, film Game of Thrones penuh dengan adegan seksual yang vulgar serta adegan kekerasan yang eksplisit. Sementara seperti kita tahu, Aleppo porak poranda oleh pertempuran kaum pemberontak dan rezim Bassar Al Assad.

"Sungguh sangat disayangkan, dan bagaimana mungkin soundtrack seperti itu digunakan Kementerian Pariwisata untuk kampanye wisata? Sungguh tidak sensitif," komentar Antonia Willis di Facebook.

Terlepas dari berbagai kontroversinya, sebaiknya kita melihat secara jernih dan memberi apresiasi kepada Suriah yang mencoba untuk bangkit lewat dunia pariwisata. Traveler yang penasaran bisa menonton videonya di bawah ini:


(wsw/krn)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Inggris

Foto: Museum Paling Keren di London

Selasa, 21 Nov 2017 08:20 WIB

Museum Natural History menjadi destinasi yang wajib dikunjungi di London, Inggris. Museum itu juga menyimpan sekitar 80 juta spesimen hewan sampai tumbuhan.