Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 25 Okt 2016 15:50 WIB

TRAVEL NEWS

2 Tahun Pariwisata Indonesia, Bebas Visa Efektif Tambah Wisman

Maikel Jefriando
Redaksi Travel
Menpar Arief Yahya (Ari Saputra/detikTravel)
Menpar Arief Yahya (Ari Saputra/detikTravel)
Jakarta - Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi, banyak program pariwisata dilakukan. Kebijakan bebas visa dinilai efektif menambah wisatawan mancanegara.

Hal ini disampaikan Menpar Arief Yahya dalam keterangan di kantor Kepala Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/10/2016). Dia optimistis pariwisata bisa menjadi penghasil devisa terbesar dengan kondisi sekarang menghasilkan USD 12,6 miliar.

Terkait kinerja pariwisata, yang menjadi sorotan adalah kebijakan bebas visa dan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata. Dengan kebijakan bebas visa untuk wisman dari 169 negara yang sudah berjalan, menurut Arief ada kenaikan kunjungan wisman 5-20 persen.

"Kita 169 negara sekarang yang bebas bisa, pintu masuk 124. Impactnya yang sudah kita laksanakan tumbuhnya 19,88 persen, ini yg lama. Yang baru Maret 2016 secara keseluruhan kita 18,6 persen pertumbuhannya bagi negara yang baru diberikan bebas visa. Artinya bebas visa efektif," tegas Menpar.

Yang kedua terkait KEK. Sampai 2 tahun pemerintahan Jokowi, sudah ada 4 KEK pariwisata yang berdiri yaitu Tanjung Lesung, Morotai, Mandalika dan Tanjung Kelayang.

"Ground breaking sudah dilakukan untuk resor pertama di Belitung," imbuhnya.

Menpar menambahkan pertumbuhan investasi swasta dari 2015 ke 2016, melompat drastis 53 persen. Investasi sekarang mencapai USD 850 miliar dari USD 500 miliar, artinya ini naik 70 persen.

"Proyeksi kami investasi di pariwisata akan naik USD 1,5 miliar di tahun ini, sekarang sudah USD 850 miliar. Kalau sampai pertumbuhan 70 persen, harapannya akan terpenuhi," tutupnya. (mkl/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Foto: Kota London dan Thames River

Jumat, 17 Nov 2017 23:35 WIB

Nama sungai ini memang selalu identik dengan London, Thames River. Selain cantik, di atas sungai ini para turis juga bisa berlayar melihat landmarknya London.