Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 26 Okt 2016 16:55 WIB

TRAVEL NEWS

Batu International Islamic Tourism Bakalan Digelar Akhir Tahun Ini

Muhammad Aminudin
Redaksi Travel
Foto: Launching Batu IIT 2016 di kantor PBNU bersama Ketua PBNU Said Aqil Siradj (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Foto: Launching Batu IIT 2016 di kantor PBNU bersama Ketua PBNU Said Aqil Siradj (Muhammad Aminudin/detikTravel)
Malang - Bulan Desember 2016, Batu International Islamic Tourism akan digelar di Kota Batu, Jawa Timur. Gelaran ini akan dihadiri delegasi dari berbagai negara.

Kesuksesan Kota Batu memajukan dunia pariwisata akan ditunjukkan kepada negara-negara lain melalui Batu International Islamic Tourism (Batu IIT) 2016.

Event yang digelar Pemerintah Kota Batu bersama Nahdatul Ulama (NU) melalui Lembaga Seni Budaya Muslimin Nahdatul Ulama (LESBUMI-PBNU) ini menghadirkan keberagaman seni budaya, serta beragam destinasi wisata yang dimiliki Kota Batu.

Rencananya, Batu IIT 2016 yang telah di-launching di Kantor PBNU dan mengambil tema 'Megawisata Batu untuk Dunia' ini bakal digelar 2-4 Desember 2016 di Balai Kota Among Tani. Wali Kota Batu Eddy Rumpoko mengatakan, event ini akan menonjolkan seni budaya Islam yang memiliki banyak keberagaman.

"Kami sebagai pemerintah mengajak NU untuk melakukan penataan sekaligus membuat konsep wisata di Kota Batu," kata Eddy Rumpoko kepada detikTravel, Rabu (26/10/2016).

Konsep yang dimaksudkan adalah bidang pariwisata yang mampu memberikan edukasi kepada masyarakat. "Seni Budaya Islam itu beragam, dan bisa ditampilkan ke publik. Bukan sekadar anarkis atau radikal saja, tapi banyak seni budaya Islam yang itu cukup menarik untuk sebagai potensi pariwisata," sambung politisi dari PDI Perjuangan ini.

Dia mengaku, Batu IIT 2016 merupakan event internasional akan diikuti delegasi dari lima benua, Asia, Eropa, Afrika, Amerika dan Australia. Kegiatan ini juga sebagai momentum promosi International Village Tourism Exhibition dan Seminar on Islamic Tourism yang digelar bersamaan.

Menurut Eddy, mereka masing-masing akan membawa budaya Islam di negaranya ke Kota Batu. Event ini juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

"Kegiatan ini tidak hanya menampilkan seni dan budaya saja, tetapi juga ada pagelaran dari negara-negara peserta. Presiden, Bapak Jokowi juga akan hadir," sebut dia.

Eddy juga optimis event kelas dunia ini akan banyak diminati masyarakat. Meskipun saat ini, Kota Batu tengah melalui tahapan Pilkada 2017.

"Karena ini mengangkat seni budaya Islam. Bukan sekadar destinasi wisata biasanya," jelas Eddy. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED