Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Des 2016 13:10 WIB

TRAVEL NEWS

Sst, Ini Waktu Booking Hotel Terbaik Untuk Liburan Natal & Akhir Tahun

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Ilustrasi booking hotel online (Aloft Hotel)
Ilustrasi booking hotel online (Aloft Hotel)
Jakarta - Jelang Natal dan akhir tahun, mungkin ada traveler yang berencana atau sudah booking hotel untuk liburan. Jika ya, ketahui dulu waktu booking hotel terbaiknya!

Tentu sudah bukan rahasia umum, kalau rate hotel kian meningkat jelang Hari Raya Natal dan akhir tahun. Untuk kamu yang ingin liburan bareng keluarga atau kekasih, tentu wajib booking hotel dari jauh-jauh hari agar kebagian.

Menyadari hal tersebut, pihak pegipegi yang bergerak sebagai online travel agent melakukan riset untuk menemukan pola dan waktu terbaik booking hotel untuk mendapatkan harga terbaik, dan terhindar dari tragedi 'kehabisan kamar'.

Berdasarkan press release yang diterima detikTravel dari pegipegi, Jumat (16/12/2016), pencarian hotel mengalami peningkatan yang drastis pada minggu keempat, yaitu mencapai 3,5 kali lipat apabila dibandingkan dengan minggu pertama. Pencarian kembali menurun pada minggu kelima, meski volumenya masih lebih banyak dibanding minggu ketiga.

Melihat tren tersebut, hal serupa diprediksikan akan terjadi tahun ini. Peningkatan pencarian hotel melalui internet diperkirakan akan terus naik dan mencapai puncaknya pada minggu keempat (18-24 Desember 2016). Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar traveler memang menyukai bepergian dan mengurus perjalanan secara dadakan.

"Berdasarkan data internal kami, ternyata masih banyak yang mencari hotel setelah Natal. Namun pada saat itu, pilihan hotel dan kamar yang tersedia sudah sangat terbatas. Hal ini membuat mereka sulit untuk mendapatkan hotel yang diinginkan, terutama di kota-kota yang menjadi destinasi favorit liburan," ujar Deputy CEO pegipegi, Ryan Kartawidjaja.

Kebiasaan booking online dadakan itu ternyata dilakukan oleh 43,72% pelanggan pegipegi. Rata-rata, traveler memesan hotel pada tiga hari sebelum keberangkatan. Bahkan ada juga yang memesan pada hari H.

Selain para traveler on the go di atas, sebagian traveler telah melakukan pemesanan hotel untuk liburan pada 8-14 hari ke depan, dan tak sedikit pula yang telah memesan hotel sebulan sebelumnya. Golongan terakhir ini, umumnya lebih terencana dan mendapatkan kamar yang diinginkan dengan harga lebih murah.

"Kami menyarankan, lakukan booking hotel setidaknya 12 hari atau maksimal 1 minggu sebelum Natal agar kamar masih tersedia, dan mendapatkan harga terbaik pula," jelas Ryan.

Lewat infografik, disebutkan kalau waktu booking hotel terbaik adalah dari 13-17 desember 2016. Jadi, masih ada waktu bagi kamu yang mau booking hotel untuk liburan Natal dan akhir tahun. Buruan!

Infografik dari pegipegi (dok pegipegi)Infografik dari pegipegi (dok pegipegi)
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.