Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 07 Feb 2017 07:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ketika Melupakan Mantan Jadi Cara Rayakan Valentine

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: (Festival Melupakan Mantan)
Foto: (Festival Melupakan Mantan)
Jakarta - Biasanya, perayaan Valentine adalah dengan bunga dan hal-hal romantis. Tapi di Yogyakarta malah ada Festival Melupakan Mantan. Begini ceritanya...

Sudah kali ketiga Festival Melupakan Mantan digelar di Yogyakarta. Adalah MKAJ (Manggala Karya Ambuka Jagad), suatu komunitas yang mengadakan festival ini. Festival yang terbilang unik, karena dari namanya saja sudah bikin dahi mengerenyit.

"Sebenarnya awal mula festival ini adalah di warung kopi. Jadi kala itu kami berpikir, bulan Februari jarang ada acara di Yogya dan satu-satunya momen cuma Valentine. Nah kenapa nggak kita buat acara Valentine, tapi bedanya dengan tidak ikut-ikut seperti di luar. Jadi semacam anti tesis, kami bikin acara bagi mereka yang tidak merayakan Valentine," papar Seto Prayogi, penanggung jawab Festival Melupakan Mantan kepada detikTravel, Selasa (7/2/2017).

Oleh sebab itulah, dibuat Festival Melupakan Mantan. Simpel saja idenya, para pengunjung yang datang adalah mereka yang tidak merayakan Valentine itu. Yang dimaksud adalah, orang-orang yang sedang jomblo atau yang baru patah hati.

BACA JUGA: Hai Barisan Patah Hati, Mari Datangi Festival Melupakan Mantan

"Animonya luar biasa, dua tahun ke belakang pesertanya membludak dari ratusan ke ribuan. Banyak juga yang datang dari luar Yogya, dari daerah lain. Atau mereka, yang memang kebetulan sedang berlibur di Yogya," kata Seto.

Dalam Festival Melupakan Mantan, beberapa pagelaran seni digelar. Ada pertunjukan musik sampai pameran lukisan. Untuk tahun ini, Seto berujar ada body painting dan pertunjukan akustik. Satu hal yang sudah pasti menjadi hal wajib dalam festivalnya adalah membawa barang-barang Sang mantan!

"Secara spesifik kita tidak menentukan barangnya seperti apa. Yang sudah membawa, akan kita kumpulkan dan didata mana yang layak disumbangkan dan mana yang tidak. Yang tidak layak, kita buang atau bakar Namun yang layak seperti kaos hingga mainan anak-anak kita sumbangkan di kampung-kampung di Yogya," jelas Seto.

Nah, Seto menjanjikan hal yang paling keren pada perayaan puncak Festival Melupakan Mantan di tanggal 13 Februari 2017 nanti. Para mantan diharapkan membawa foto Sang Mantan, yang mana pihak panitia bekerja sama untuk membuat suatu karya.

"Dari foto-foto itu nantinya akan membuat suatu galeri seni. Saya tak bisa membocorkan, lihat nanti saja," tutupnya. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Liburan Selebriti di Indonesia

Tips Menguntit Liburan Selebriti Idola

Kamis, 20 Jul 2017 17:50 WIB

Bukan main senangnya kalau tahu selebriti idola kita sedang liburan di Indonesia. Tak sedikit penggemar mencoba mendekati mereka. Tapi kamu harus tahu tipsnya.