Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 18 Feb 2017 18:47 WIB

TRAVEL NEWS

Belajar Bikin Vlog Sekaligus Kenalan dengan d'traveler di Ngumbar detikcom

Kurnia Yustiana
Redaksi Travel
Foto: Kurnia/detikTravel
Foto: Kurnia/detikTravel
Jakarta - Berbagai sesi di acara Ngumbar detikcom masih berlangsung. Salah satunya sesi cara membuat vlog dan perkenalan d'Traveler.

Hari ini, Sabtu (18/2/2017), Ngumpul Bareng alias Ngumbar berlangsung di lantai 3 Kuningan City, Jakarta sejak pukul 08.00 hingga 21.00 WIB. Sesi demi sesi acara telah berlangsung. Yang baru saja diadakan adalah workshop bertema traveling, Jejak Traveler.

Pembicaranya adalah Redaktur Pelaksana detikTravel Fitraya Ramadhanny dan vlogger Anggun Adi alias Goenrock. Nah, Goenrock membahas bagaimana cara membuat video blog (vlog) yang berkualitas dan banyak ditonton.

Awalnya ia menjelaskan terlebih dahulu apa itu vlog. Singkatnya, vlog merupakan blog yang dituangkan dalam bentuk video. Isinya bisa kegiatan sehari-hari, traveling dan lain sebagainya.

Belajar Bikin Vlog Sekaligus Kenalan dengan d'traveler di Ngumbar detikcomFoto: Kurnia/detikTravel
"Bisa berupa dokumentasi keseharian, opini, apa pun yang menjadi interest vlogger itu sendiri dalam bentuk video. Nggak harus muncul di depan kamera yang penting tadi itu pengungkapan opininya dalam level personal," jelas Goenrock.

Ia kemudian menjelaskan mengenai teknik pengambilan gambar, peralatan apa saja yang digunakan, hingga bagaimana membuat vlog berkualitas namun juga menarik, tidak monoton.

"Konten yang informatif, misalnya tutorial termasuk sisi informatif. Faktual, misalnya pilkada yang baru banget langsung dibikn videonya," tuturnya.

Kemudian poin lainnya adalah vlog harus menghibur dan interaktif. Jadi penonton juga tidak bakalan bosan menonton video tersebut.

"Entertaining, jadi biar serulah ada sisi menghiburnya. Lalu interaktif. Nggak harus daily tapi konsisten dengan isi kontennya," kata Goenrock.

Tonton video 20detik di sini:


Usai Goenrock selesai menjelaskan cara membuat vlog, selanjutnya giliran sesi pembicara dari detikTravel. Dalam hal ini, Redaktur Pelaksana detikTravel Fitraya Ramadhanny memperkenalkan kanal detikTravel serta cerita awal terbentuknya Komunitas d'Traveler.

"Kita ingin membuat ruang yang punya pengalaman traveling seru dengan komunitasnya bisa berbagi cerita dan foto. Dari awalnya berbagi cerita ini adalah lahirnya komunitas di bawah detiktravel, namanya d'Traveler," jelas pria yang akrab disapa Faya itu.

Belajar Bikin Vlog Sekaligus Kenalan dengan d'traveler di Ngumbar detikcomFoto: Kurnia/detikTravel
d'Traveler diresmikan pada 28 November 2015. Sebenarnya ada sekitar 483 ribu member yang mendaftar dengan detikConnect sejak detikTravel awal dibentuk tahun 2011, namun karena lokasi para member tersebar di dalam dan luar negeri, sulit untuk sering ikut berkumpul bersama. Sehingga yang aktif menulis sekaligus ikutan acara setiap bulan ada 200.

"Kita ada 200 member tiap bulan aktif traveling, blogging dan kegiatan lainnya.
Kegiatan dari member untuk member dan detikTravel memberi dukungan," ucapnya.

Bentuk kegiatannya sendiri beragam. Ada city tour, workshop hingga wisata bareng ke luar kota.

"Salah satu yang kita bikin adalah city tour. Kita pernah jalan-jalan ke Bekasi yang nge-host, jadi tour guide teman-teman dari Bekasi. Kemudian bikin workshop. detik ingin memposisikan juga sebagai learning center," paparnya.

Yang tak kalah menarik, banyak hadiah yang bisa didapat kalau ikutan event terkait d'Traveler. Apalagi buat yang rajin mengirimkan cerita dan foto traveling.

"Hadiahnya lumayan, 2013 hadiahnya liburan ke Malaysia, 2014 gadget, 2015 liburan ke Thailand, 2016 ke Korea. Kita punya acara oke, reguler, di luar itu juga ada hadiah menarik," pungkasnya. (bnl/bnl)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Apa Sih Isi Jam Gadang?

Kamis, 27 Jul 2017 11:16 WIB

Siapa yang tidak tahu Jam Gadang, bangunan kebanggaan warga Bukittinggi yang berdiri sejak zaman penjajahan Belanda. Namun, traveler sudah tahu isinya belum?