Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Mar 2017 11:55 WIB

TRAVEL NEWS

3 Keunggulan Riau untuk Tarik Minat Wisman

Wahyu Setyo Widodo
Redaksi Travel
Menpar Arief Yahya (Wahyu/detikTravel)
Menpar Arief Yahya (Wahyu/detikTravel)
Jakarta - Riau ternyata punya pesona wisata yang tak kalah dengan provinsi lain di Indonesia. Menpar Arief Yahya pun menyebut 3 keunggulan Riau. Apa saja?

Ditemui usai membuka acara peluncuran Calender of Event Riau 2017, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut ada 3 keunggulan Riau yang harus dimanfaatkan guna menarik wisman datang liburan ke sana. Salah satunya adalah soal letak secara geografis Riau yang cukup strategis.

"Ada 3 keunggulan Riau. Pertama soal letak geografis. Riau ini dekat dengan tetangga-tetangga, Singapura, Malaysia, secara geografis Riau unggul. Ini harus dimanfaatkan," ujar Arief di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Kemenpar, Jakarta, Kamis (16/3/2017) malam.

Mengenai kedekatan jarak ini, Menpar Arief Yahya mengaku akan membantu Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Fahmizal Usman untuk melobi maskapai-maskapai nasional agar makin banyak penerbangan dengan rute baru ke Pekanbaru, Riau.

"Kita ada direct flight ke Singapura, dan Penang, Malaysia. Dalam waktu dekat ini, kita sedang lobi Garuda Indonesia untuk buka rute baru Pekanbaru-Phuket, Thailand. Dekat kok, cuma 1,5 Jam," ungkap Fahmi.

Keunggulan kedua, masih menurut Arief adalah soal kedekatan juga, tetapi bukan secara geografis, melainkan soal budaya. Seperti kita tahu, Riau punya budaya Melayu yang sangat kental.

"Riau itu asal muasal budaya Melayu, bahasa Indonesia juga asalnya dari Riau. Riau boleh mengklaim dirinya sebagai The Homeland of Melayu," ucap Arief.

Kedekatan budaya Melayu inilah yang harus dimanfaatkan Riau untuk menarik wisman, terutama yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia.

Terakhir, menurut Arief keunggulan Riau ada di pendapatan per kapitanya yang tinggi, nomor 3 di seluruh Indonesia.

"Riau punya pendapatan per kapita tertinggi nomor 3 se-Indonesia. Nomor 1 Jakarta, nomor 2-nya Kaltim. Ini keunggulan karena masyarakatnya sejahtera dan bisa invest di sektor lain, terutama pariwisata," tutup Arief. (bnl/fay)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
20detik

Pesisir Selatan Jatim Berpesta di FKKS

Minggu, 22 Okt 2017 15:04 WIB

Pembukaan Festival Kesenian Kawasan Selatan (FKKS) di Pantai Prigi, Kabupaten Trenggalek berlangsung meriah. Ini dia video gambaran kemeriahan tersebut.

Toilet Mewah ala Lawang Sewu

Minggu, 22 Okt 2017 09:52 WIB

Kalau liburan ke Semarang, kurang greget bila tidak mampir ke bangunan kuno bernama Lawang Sewu. Yang perlu traveler tahu, ternyata toilet Lawang Sewu mewah.