Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

ADVERTISEMENT

Rabu, 22 Mar 2017 17:12 WIB

TRAVEL NEWS

Antisipasi Pencurian Tisu, Toilet di China Punya Sensor Wajah Canggih

Traveler mencoba mesin canggih di toilet China (@wwtang/Twitter)
Beijing - Tindak pencurian tisu di fasilitas toilet umum di China sudah makin parah. Untuk mengantisipasinya, akan dipasang sensor pengenal wajah di toilet tersebut.

Nantinya sensor pengenal wajah di toilet ini akan mengenali traveler, dan memberikan tisu dengan jumlah tertentu saja. Tisu ini hanya akan diberikan sekali, sebelum traveler masuk ke dalam toilet.

Dihimpun detikTravel dari beberapa sumber, Rabu (22/3/2017), sensor canggih pengenal wajah ini akan dipasang di toilet umum di sekitar Tiantan Park di Beijing. Sensor ini dipasang oleh otoritas pemerintah setempat guna mengantisipasi tindak pencurian tisu toilet yang cukup meresahkan, serta pemakaian tisu toilet yang boros.

"Orang yang mencuri tisu toilet sungguh sangat rakus. Tisu toilet itu fasilitas publik. Kita perlu jaga agar tidak banyak terbuang juga," ujar He Zhiqiang (19), tenaga pekerja toilet asal Ningxia, seperti ditulis media NY Times.

Cara mencegah tindak pencurian ini adalah dengan menerapkan pendekatan teknologi yang cukup canggih. Sebelum masuk ke dalam toilet, traveler harus berdiri di depan komputer dengan sensor kamera pengenal wajah.



Setelah wajah traveler dipindai, baru mesin tersebut akan mengeluarkan tisu toilet sepanjang 60 cm per orang, tidak lebih dan tidak kurang. Beberapa traveler memuji kebijakan ini, sementara beberapa yang lain mengeluhkan, karena panjang tisu yang diberikan dirasa kurang.

"Tisunya terlalu pendek," keluh salah seorang warga bernama Wang Jianquan (63).

Pihak pengelola The Temple of Heaven Park mengakui bahwa cara ini terpaksa ditempuh guna mengatasi tindak pencurian tisu toilet. Kebanyakan pelaku pencurian tisu ini adalah warga setempat yang memanfaatkan fasilitas publik demi keuntungan pribadi. Padahal fasilitas tersebut disediakan untuk wisatawan yang datang.

Opsi sensor wajah canggih ini dirasa yang terbaik karena lebih higienis, bila dibandingkan dengan opsi lain seperti fingerprint, atau sensor infrared.

Mesin sensor pengenal wajah ini masih dalam tahap uji coba. Bila dirasa berhasil dan efektif, mesin ini akan dipasang di seluruh penjuru toilet taman di Kota Beijing, China. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA