Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Mei 2017 17:10 WIB

TRAVEL NEWS

Belajar Bikin Homestay dari Negeri Tetangga

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Ilustrasi homestay (dok Kemenpar)
Foto: Ilustrasi homestay (dok Kemenpar)
Jakarta -
Malaysia dan Thailand sudah lebih dulu jor-joran mengembangkan homestay. Ini yang harus dipelajari Indonesia.
"Kita melihat standar regional, yaitu ASEAN untuk mengembangkan homestay. Malaysia dan Thailand sudah lebih dulu daripada kita," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Rakornas Indonesia Incorporated: 20.000 Homestay Desa Wisata Pada Tahun 2017 di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (18/5/2017).
Arief lalu menampilkan slide show tentang Regional Standard Hotel. Ada 9 poin mengenai standar pembangunan homestay beberapa diantaranya seperti soal kebersihan, keamanan, manajemen, lokasi dan promosi.
"Malaysia itu pernah mendapat predikat homestay terbaik. Baik Malaysia dan Thailand, manajemen homestay di sana langsung dipantau Kementerian Pariwisatanya," urai Arief.
9 Poin tersebut dibagi dalam persentase angka, kemudian dijumlahkan hingga mencapai nilai 100 persen. Poin yang angkanya paling besar adalah aktivitas dan kebersihan yang masing-masing nilainya 20 dan 15 persen.
Artinya, aktivitas dan kebersihan menjadi hal yang paling penting untuk sebuah homestay. Aktivitas yang dimaksud adalah kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan saat menetap di homestay tersebut misal belajar bikin makanan khas atau merasakan kehidupan sehari-hari tuan rumah.
"Homestay di negara lain sudah dikelola dengan baik. Kita baru sekarang lewat rakornas ini, dengan tiga hal pokok pembahasan yaitu total 100.000 homestay di 2.000 desa wisata (pada tahun 2019-red), pembiayaan pembangunan homestay dengan 4 skema ada yang seperti bagi hasil, CSR atau KPR, terakhir pengelolaan homestay yang modelnya sharing economy," pungkas Arief.
(aff/wsw)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED

Kebun Binatang Mini ala Ancol

Senin, 23 Okt 2017 09:30 WIB

Selain wahana permainan, Ancol juga punya wisata edukasi tentang binatang. Berada di Faunaland, kamu bisa belajar tentang hewan-hewan langka dunia.