Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 22 Mei 2017 19:35 WIB

TRAVEL NEWS

Mencoba Aplikasi Indonesia Airport, Asyik Nih Buat Traveling!

Syanti Mustika
Redaksi Travel
Suasana outdoor di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Masaul/detikTravel)
Suasana outdoor di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta (Masaul/detikTravel)
Jakarta - Makin banyak aplikasi untuk membantu traveler melakukan perjalanan. Sekarang ada Indonesia Airports dengan segala informasi bandara yang berguna.

Indonesia Airports merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh PT Angkasa Pura II saat Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2017. Tujuannya untuk mempermudah traveler mengetahui segala aktivitas penerbangan melalui ponsel dan juga memberikan informasi mengenai fasilitas yang terdapat di bandara.

Aplikasi ini bisa traveler download di Android dan IOS. detikTravel pun Senin (22/5/2017) mencoba aplikasi Indonesia Airport. Berikut beberapa catatan dari redaksi:

1. Tidak butuh memori yang besar

Ukuran dari aplikasi ini tidak terlalu besar, hingga tidak butuh memori penyimpanan yang besar.

2. Aplikasi yang simpel

Setelah aplikasi di-instal, traveler bisa membuka dan dapat melihat tampilan awal. Untuk log in ke aplikasi ini bisa menggunakan akun Facebook atau Google. Setelah log in traveler silahkan memilih bandara yang ingin diketahui. Gampang kan?

3. Pilihan fitur yang sederhana dan lengkap

Fitur yang terdapat dalam aplikasi antara lain Whats News yang berisi berita seputar kegiatan di bandara dan PT Angaksa Pura, event-event, info terbaru mengenani maskapai yang punya paket promo terbaru, dan juga promo makanan dari fast food terkenal.

Kemudian ada Guide untuk mendapatkan informasi mengenai fasilitas seperti parkiran, bank, taman bermain, tempat wisata, jasa tour, hotel, dan nomor-nomor penting yang nantinya bisa dihubungi saat darurat. Ada lagi Flight Info, dari fitur ini traveler bisa melihat jadwal penerbangan berbagai maskapai, baik yang domestik maupun internasional.

Aplikasi ini juga punya Airportaiment untuk menikmati tayangan bioskop digital yang dilengkapi content digital terbaik persembahan IndiHome fiber. Selain itu traveler juga dapat melakukan pemilihan film-film favorit dan melihat jadwal film yang akan ditayangkan.

Fitur Shop and Dine untuk mengetahui toko-toko makanan, minuman dan suvenir yang berada di sekitar bandara. Juga ada rentang harganya lho, jadi traveler bisa memilih sesuai budget.

Ada lagi fitur Airport Care untuk mempermudah traveler melaporkan peristiwa, misalnya kecelakaan atau ada penumpang yang tidak sadarkan diri dan juga konten ini melakukan survey bagaimana tanggapan penumpang terhadap bandara. Fitur eCommerce melayani traveler yang ingin mendapatkan asuransi penerbangan, peredaran mata uang, dan informasi kargo.

Sedangkan fitur Mytransport mempermudah traveler untuk membooking sarana transportasi di bandara. Jika mengggunakan jasa layanan parkir inap, traveler bisa mengecek langsung posisinya dari ponsel.

Adapun hal-hal yang mungkin bisa dikembangkan di aplikasi ini demi memudahkan dan memberi kenyamanan lebih kepada pengunjung bandara.

1. Foto Bandara

Akan lebih menarik dan informatif jika setiap memilih bandara yang ingin diketahui, terdapat foto dari bandara tersebut. Misalnya jika traveler ingin mengetahui bentuk dari Bandara Internasional Minangkabau, cukup mengklik nama bandara, dan ada pilihan 'lihat bandara'.

2. Petunjuk arah

Terdapatnya informasi mengenai toko-toko suvenir, tempat makan dan layanan publik lainnya akan lebih berguna jika ada penunjuk arah. Jadi traveler tidak perlu bingung mau ke arah mana menuju tempat yang dicari.

3. Tidak tersedia fitur offline

Aplikasi ini hanya bisa dimainkan jika ada jaringan paket data atau wifi. Jika tidak ada jaringan aplikasi ini tidak bisa dijalankan. Mengingat di bandara jaringan beberapa operator sulit dijangkau, akan lebih menyenangkan jika tersedia juga fitur offline, seperti info toko-toko yang menjual makanan, minuman dan suvenir, lokasi ATM, bank, dan sebagainya.

Tetapi secara keseluruhan fitur yang terdapat di dalam aplikasi sangat berguna bagi traveler yang ingin informasi seputar bandara. Daripada bingung di bandara mau ngapain, yuk download Indonesia Airport dan cari informasi seputar bandara. (fay/msl)
BERITA TERKAIT
NEWS FEED

Indahnya Telaga Menjer di Dieng

Minggu, 17 Des 2017 16:00 WIB

Wisata Alam di Dieng, memang tidak ada habisnya. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati adalah Telaga Menjer yang punya pemandangan cantik.