Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 03 Jul 2017 13:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ingat, Ambil Nomor Antrean di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Via Online

Afif Farhan
Redaksi Travel
Foto: Spanduk pemberitahuan tentang Antrian Paspor (Afif/detikTravel)
Foto: Spanduk pemberitahuan tentang Antrian Paspor (Afif/detikTravel)
Jakarta - Rupanya masih banyak belum tahu, kalau ambil nomor antrean paspor di seluruh kantor imigrasi di Jakarta Selatan via online. Gampang kok!

Dalam pantauan detikTravel, Senin (3/7/2017) Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, Jl Warung Buncit Raya No 207, Jakarta Selatan pagi ini sejak pukul 06.00 WIB dipenuhi oleh pengunjung yang mau mengambil nomor antrean. Rata-rata mereka ingin membuat paspor baru atau mengganti paspor.

Sayangnya mereka harus gigit jari karena tidak mendapat nomor antrean. Sebabnya, kini mengambil nomor antrean di kantor imigrasi adalah melalui via online.

"Yah saya nggak tahu pak, terus bagaimana. Harus download ya, tidak bisa ambil nomornya sekarang ya?" ujar seorang pengunjung wanita dengan banyak berkas di tangannya.

Jawaban petugas keamanan setempat pun semuanya sama, pengambilan nomor antrean harus melalui via online. Dengan sabar dan senyum, mereka menjelaskan tentang aplikasi online-nya yang bernama Antrian Paspor.

Beberapa pengunjung yang masih bingung soal ambil nomor antrean via online (Afif/detikTravel)Beberapa pengunjung yang masih bingung soal ambil nomor antrean via online (Afif/detikTravel)


Ruri H Roesman Kasi Perizinan Keimigrasian menjelaskan, peraturan baru dengan mengambil nomor antrean via online sudah berlaku sejak tanggal 16 Mei bulan lalu. Menurutnya, hal itu cukup meudahkan petugas, maupun orang-orang yang hendak mengurus paspornya.

"Tentu cukup memudahkan bagi kami, para petugas. Para pengunjung juga tidak harus datang pagi-pagi untuk mengambil nomor antrean. Tinggal di klik saja melalui aplikasinya mau datang hari apa," tuturnya kepada detikTravel di kantornya.

"Sebenarnya bulan Mei kemarin kita memberlakukan 2 aplikasi sama satu kebijakan baru. Ada aplikasi Antrian Paspor dan WhatsAp Gateway Service di nomor 081381710123, untuk mencari tahu kapan paspor yang sudah diajukan tersedia dan lain-lain. Untuk kebijakan, kini pergantian paspor baru cukup membawa KTP dan paspor lama saja, jangan lupa fotocopy masing-masing 1," papar Ruri.

Begitu masuk Antrian Paspor, tinggal ikuti langkah-langkahnya (Afif/detikTravel)Begitu masuk Antrian Paspor, tinggal ikuti langkah-langkahnya (Afif/detikTravel)


Untuk aplikasi Antrian paspor, baru tersedia di Play Store. Semoga saja segera dihadirkan di platform iOS. Tinggal daftar dan isi data diri serta nomor NIK, kemudian email dan nomor telfon. Cukup mudah, setelah itu tinggal pilih mau hari apa dan pagi atau siang kamu akan mengurus paspor. Terakhir, akan keluar email pemberitahuan tentang nomor antrean kamu.

"Aplikasi Nomor Antrian baru ada di seluruh kantor imigrasi di wilayah Jakarta Selatan saja, setelah itu akan diuji coba di wilayah Jakarta lainnya. Kami sudah tidak menerima permohonan walk-in (datang langsung) untuk mengambil nomor antrean," tutup Ruri. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED