Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 09 Agu 2017 08:45 WIB

TRAVEL NEWS

Bukan Lagi Malaysia, Ini Pesaing Baru Indonesia di Bidang Pariwisata

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Menpar Arief Yahya di acara ASEANTA Awards 2017 (Randy/detikTravel)
Menpar Arief Yahya di acara ASEANTA Awards 2017 (Randy/detikTravel)
Jakarta - Sejak lama Malaysia dianggap sebagai 'musuh' bebuyutan Indonesia di bidang pariwisata. Namun, kini ada negara ASEAN lain yang jadi saingan baru Indonesia.

Hal itu pun diungkapkan oleh Menpar Arief Yahya usai malam penghargaan 30th ASEANTA (ASEAN Tourism Association) Awards 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa malam (8/8/2017). Nama Vietnam pun disebut oleh Arief sebagai sparring partner Indonesia di ASEAN.

"Saya berkali-kali mengucapkan selamat pada Vietnam, tapi ternyata Vietnam gak ada di sini. Jadi dia belum masuk di ASEANTA, tapi tetap aja dia sparring partner kita," ujar Arief.

Berdasarkan data pertumbuhan pariwisata oleh UNWTO pada tahun 2016 lalu, Vietnam naik 24,6% dibandingkan pada 2015. Sedangkan pertumbuhan pariwisata Indonesia naik 22,4% dibanding tahun 2015.

Di ASEAN, proyeksi pertumbuhan pariwisata pun ditarget 6,5%. Proyeksi itu pun sudah dilampaui oleh Indonesia. Negara tetangga ASEAN lain seperti Singapura, Malaysia da Thailand pun memiliki angka pertumbuhan pariwisata di bawah 5% tahun lalu.

"Kia harapkan kalau Indonesia proyeksinya 25% tahun ini. ASEAN proyeksinya 6,5%. Kalau negara lain tumbuhnya kurang dari 5%, Malaysia, Singapura, Thailand," tutup Arief.

(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED