Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 04 Sep 2017 17:45 WIB

TRAVEL NEWS

3,5 Juta Turis Sudah Datang ke Bali, Paling Banyak dari China

Prins David Saut
Redaksi Travel
Ilustrasi turis di Bali (Ahmad Masaul/detikTravel)
Ilustrasi turis di Bali (Ahmad Masaul/detikTravel)
Denpasar - Hingga triwulan ketiga 2017, total ada 3,5 juta turis yang datang ke Bali. Paling banyak didominasi oleh turis dari China.

Pertumbuhan angka turis ke Bali bertambah sangat 22,18 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2016. Hingga triwulan ketiga 2017, total ada 3,5 juta turis yang datang ke Bali.

Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam siaran persnya yang diterima detikTravel, Senin (4/9/2017), mencatat peningkatan signifikan ini didominasi oleh wisman dari RRC, yakni sebesar 25 persen atau 896 ribu orang. Turis dari Negeri Tirai Bambu ini memang telah mencatat jumlah terbanyak dibandingkan negara lain sejak dua tahun lalu.

Jika dibandingkan pada periode yang sama di 2016, Turi dari China tercatat sebanyak 559 ribu orang, sehingga pertumbuhannya mencapai 60,2 persen. Untuk Turis dari Australia berada di posisi kedua dengan 632 ribu wisman atau terjadi pertumbuhan sebesar 18 persen.

Posisi ketiga adalah turis dari India yang menunjukkan pertumbuhan sebanyak 234 ribu orang atau 7 persen. General Manager Bandara Ngurah Rai Yanus Suprayogi menyatakan bandara kebanggaan masyarakat Bali itu menargetkan datangnya 5,58 juta turis di sepanjang 2017 ini.

"Ditargetkan untuk mendatangkan 5,58 juta wisman (wisatawan mancanegara-red). Melihat catatan ini, hingga Bulan Juli kemarin, artinya capaiannya hampir 64 persen. Apabila melihat pertumbuhan yang terus meningkat signifikan, kami percaya bisa penuhi target tersebut," kata Yanus.

Optimisme tersebut dikuatkan dengan minat maskapai asing untuk masuk ke Bali. Yanus menyatakan Mehan Air dari Iran telah memilih untuk membuka jalur pertama ke Indonesia yakni Bali.

"Bulan lalu, Kami untuk pertama kali menerima penerbangan Mehan Air dari Tehran, Iran. Bali adalah destinasi pertama di Indonesia yang disasar Mehan Air," ujar Yanus.

Yanus juga mencatat adanya tren peningkatan turis ke Bali yang berasal dari negara-negara di Timur Tengah. Tahun ini, peningkatan tersebut terjadi dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Pertumbuhan yang cepat ini membuat Bandara Ngurah Rai meningkatkan pengembangan dan penambahan fasilitas operasionalnya. Salah satunya adalah mendorong percepatan penambahan 11 parking stand untuk pesawat dan 40 konter cek ini di terminal keberangkatan domestik dan internasional. (aff/aff)
BERITA TERKAIT
Load Komentar ...
NEWS FEED
Laporan dari Jepang

Foto: Kemilau Kuil Emas di Jepang

Senin, 25 Sep 2017 22:50 WIB

Liburan ke Jepang, traveler harus menyambangi Kota Kyoto. Di kota ini, kamu bisa melihat kemilau kuil Kinkakuji yang berlapiskan emas. Indah tak ada duanya.