Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Sep 2017 18:10 WIB

TRAVEL NEWS

Rekomendasi 10 Kota Buat Wisata Kuliner

Ahmad Masaul Khoiri
Redaksi Travel
Workshop Kemenpar (Masaul/detikTravel)
Workshop Kemenpar (Masaul/detikTravel)
Jakarta - Sektor pariwisata menghasilkan devisa negara begitu besar. Kemenpar pun terus menggaet wisman dengan jurus baru yakni lewat wisata kuliner.

Setidaknya sudah ada 10 kota utama di Indonesia yang bisa menjadi tujuan turis untuk wisata kuliner. Kota-kota ini tersebar dari Pulau Jawa hingga Sumatera yang tentunya memiliki kekhasan tersendiri dalam hal kuliner.

"Target kota kuliner itu ada 10. Mulai dari Bali, Joglosemar (Yogyakarta, Solo, Semarang), Bandung, Medan, Batam, Palembang, Malang, dan Surabaya. Kita akan coba lihat lagi lainnya," kata Tendi Nuralam, Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar dalam acara workshop Strategi Pemasaran Wisata Kuliner dan Belanja untuk Wisatawan Mancanegara di Hotel Santika Premiere Jakarta, Selasa (19/9/2017).

Untuk menyukseskan strategi ini, Kemenpar juga melihat pemerintah daerah setempat. Apakah mereka peduli dengan potensi yang dimiliki atau tidak.

"Pelajaran penting bagi kita adalah melihat pasar-pasar ini dan menjualnya ke turis cocok atau nggak. Tadi dibilang bahwa turis China suka makan dan oleh-oleh," kata Tendi.

Untuk menjadikan kuliner sebagai tujuan utama turis harus dipenuhi dahulu beberapa hal berikut ini. Salah satunya adalah masyarakat yang mau berubah.

"Intinya ada di kebersihan, komitmen, dan kepedulian. Malang dua tahun terakhir luar biasa, malah dari masyarakat yang bergerak maka kita dorong ke atas. Selain itu akses kotanya juga dipertimbangkan," urai dia.

"Selanjutnya kita bisa jadikan kuliner menjadi primary motivation turis datang ke Indonesia," tambah Tendi.

Selain kuliner, Kemenpar ingin meniru negara tetangga yang bikin hari diskon belanja nasionalnya dapat menggaet turis. Pihaknya yakin karena Indonesia lebih beragam potensinya.

"Saat great sale itu bisa kita jadikan penariknya juga. Orang-orang Malaysia bisa ke Bandung belanja dan beli oleh-oleh makanan. Kalau kita ke Malaysia adanya coklat. Kita sendiri di setiap kota me (msl/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
Load Komentar ...
NEWS FEED