Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 07 Des 2017 09:50 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Alasannya Penumpang Keluar Masuk Pesawat dari Sisi Kiri

Johanes Randy Prakoso
Redaksi Travel
Ilustrasi pintu pesawat (Dok. Thinkstock)
Ilustrasi pintu pesawat (Dok. Thinkstock)
Jakarta - Mungkin Anda tidak sadar, mengapa pintu keluar masuk pesawat hampir selalu ada di sisi kiri. Terungkap, ternyata ada alasan di baliknya.

Dikumpulkan detikTravel dari berbagai sumber, Kamis (7/12/2017), hal itu pun dibahas oleh seorang pilot pesawat penerbangan komersial bernama Andrew Stagg di situs tanya jawab Quora.

Diungkapkan oleh Andrew, alasan dibalik hal tersebut kemungkinan besar kembali kepada teknis pesawat termasuk kemudi di kokpit.

"Saya yakin kalau alasannya kembali merujuk pada pesawat yang memiliki port di sisi kiri dan starboard atau steerboard di sisi kanan," ujar Andrew.

Dijelaskan oleh Andrew, standar hal itu pun menjadi standar bagi para pembuat pesawat. Bahwa pintu keluar masuk pesawat selalu dibuat di sisi kiri.

Karena penumpang keluar dan masuk lewat sisi kiri pesawat, turut membuat kapten pilot untuk duduk di sisi kiri. Tujuannya adalah demi kenyamanan manuver pesawat.

"Kapten duduk di sisi kiri karena ia memiliki tanggungjawab untuk memarkirkan pesawat dan harus melakukan taxi (proses jalan di darat menuju runway - red) dekat garbarata (jembatan penghubung terminal dan pesawat - red)," ujar Vice President bagian operasional maskapai Virgin Atlantic, Dave Kistruck.

Hal itu pun dibenarkan oleh pihak Otoritas Penerbangan Sipil (CAA), bahwa pintu pesawat memang selalu dibuat di sisi kiri pesawat. Ternyata ada hubungannya dengan kegiatan pengisian bahan bakar pesawat.

"Akses masuk pesawat selalu dibuat di sisi kiri. Maksudnya karena ada pergerakan kendaraan di sisi ini. Pengisian bahan bakar maskapai pesawat komersial walau tidak semua dilakukan di sisi kanan," ujar CAA seperti diberitakan Daily Mail. (rdy/msl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED