Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 14 Des 2017 19:30 WIB

TRAVEL NEWS

Asyik! Candi Borobudur Kini Punya Aplikasi Panduan Online

Pertiwi
Redaksi Travel
Foto: Peluncuran aplikasi Chattra Borobudur E-Guide (Pertiwi/detikTravel)
Foto: Peluncuran aplikasi Chattra Borobudur E-Guide (Pertiwi/detikTravel)
Magelang - Wisatawan pengunjung Candi Borobudur kini tak perlu bingung mencari informasi tentang relief candi. Sekarang sudah ada aplikasi panduan online yang bisa di-download gratis.

PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko (PT TWCB PRB) memasang aplikasi gratis yang bisa diakses oleh wisatawan. Aplikasi tersebut bisa diakses dan didownload melalui toko aplikasi yang tersedia dalam ponsel pintar.

Namanya, yaitu Chattra Borobudur E-Guide. Aplikasi ini adalah online guide bagi pengunjung yang berisi konten informasi apa pun seputar Candi Borobudur.

"Sementara ini, informasi dalam aplikasi masih fokus pada story atau sejarah dari Candi Borobudur. Ke depan, akan kita kembangkan untuk bisa memuat informasi lebih luas," jelas Direktur PT TWCB PRB, Edy Setijono, usai launching aplikasi Chattra Borobudur E-Guide, di maingate Candi Borobudur, Kamis (14/12/2017).

Asyik! Candi Borobudur Kini Punya Aplikasi Panduan OnlineLaunching aplikasi ditandai dengan pemukulan gong (Pertiwi/detikTravel)
Edy mengatakan, aplikasi ini lahir atas kerjasama PT TWCB PRB dengan perusahaan Austria, Oroundo International. Menurut Edy, terdapat dua fungsi utama yang ingin dicapai dengan pemasangan aplikasi digital guiding dan visitor management ini. Yaitu mengelola pengunjung dan kawasan sekitar candi dengan lebih baik.

"Pelayanan pengunjung harus bisa maksimal. Selain itu, melalui aplikasi ini juga akan memberikan perjalanan wisata yang edukatif dan informatif," imbuh Edy.

Sementara, CEO Oroundo, Patrick Tometlitsch mengatakan, aplikasi ini dilengkapi dengan teknologi pemancar berupa mikrochip kecil bluetooth, untuk memastikan ketepatan konten yang ditampilkan.

"Informasi yang ada di dalam aplikasi disajikan dalam bentuk deskripsi text, audio guide, foto, dan maps navigasi. Keunggulan lainnya, aplikasi ini bisa dipergunakan tanpa menggunakan jaringan internet atau bisa diakses offline saat ada di candi," ungkapnya.

Patrick menambahkan, aplikasi ini mampu menjadi private tour guide pengunjung selama ada di Candi Borobudur melalui beberapa titik yang sudah tersedia. Implementasi aplikasi ini antara lain memberikan kemudahan pengguna untuk melihat beberapa titik di lokasi candi, dipandu secara virtual dengan teknologi beacon bluetooth.

Pengguna juga diberikan informasi tentang Candi Borobudur seperti sejarah, relief, dan acara yang diselenggarakan oleh pengelola candi.

"Pengguna bahkan bisa memesan tiket acara khusus yang diselenggarakan di Candi Borobudur secara online. Masih banyak lagi fungsi dari aplikasi ini," kata Patrick.

Aplikasi Chattra Borobudur E-Guide yang bisa diakses pengunjung (Pertiwi/detikTravel)Aplikasi Chattra Borobudur E-Guide yang bisa diakses pengunjung (Pertiwi/detikTravel)
(fay/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED