Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 20 Des 2017 12:50 WIB

TRAVEL NEWS

Dorong Kunjungan Turis Belanda, KBRI Den Haag Yakinkan Bali Aman

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Pertemuan KBRI Den Haag dengan operator tur lokal (dok KBRI Den Haag)
Foto: Pertemuan KBRI Den Haag dengan operator tur lokal (dok KBRI Den Haag)
Den Haag - Demi meningkatkan kunjungan wisman Belanda ke Indonesia, KBRI Den Haag menggelar pertemuan dengan tour operator lokal. KBRI meyakinkan bahwa Bali itu aman.

Dalam keterangan pers KBRI Den Haag yang diterima detikTravel, Rabu (20/12/2017), Dubes RI Den Haag, I Gusti Agung Wesaka Puja bertemu dengan sekitar 20 tour operator Belanda dalam rangka mendorong dukungan untuk meningkatkan minat kunjungan wisatawan Belanda ke Indonesia.

"Tour operator memiliki peran penting untuk turut 'menjual' potensi pariwisata Indonesia untuk pasar Belanda. Peran aktif mereka sangat penting untuk membantu Indonesia dalam mencapai target wisatawan Belanda ke Indonesia hingga lebih dari 300 ribu orang pada tahun 2019. Dukungan dari mereka juga penting ditengah adanya penurunan wisatawan ke Bali, berkaitan dengan situasi Gunung Agung," ungkap Dubes Puja jelang dimulainya pertemuan.

Pertemuan ini digelar di Amstelveen, Belanda. Diakuinya, situasi Gunung Agung beberapa minggu terakhir memberikan kekhawatiran akan keamanan berkunjung ke Indonesia, khususnya Bali di kalangan publik di Belanda.

(dok KBRI Den Haag)Foto: (dok KBRI Den Haag)


Beberapa tour operator yang hadir pada pertemuan tersebut menyampaikan banyaknya pertanyaan dari sejumlah masyarakat Belanda tentang kondisi gunung Agung dan keamanan berkunjung ke Indonesia.

"Kita ingin memberikan penekanan bahwa dengan situasi Gunung Agung, Indonesia, termasuk Bali, masih tetap aman untuk dikunjungi. Untuk ini, kita harapkan dengan informasi yang tepat sasaran melalui para pelaku usaha pariwisata di Belanda, dapat membantu meyakinkan publik di Belanda untuk tidak khawatir berkunjung ke Indonesia," imbuh Dubes Puja.

Pertemuan yang diselenggarakan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata RI dan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) juga menjadi media pertemuan awal sebelum event promosi Vakantiebeur tahun 2018, sebagai salah satu promosi pariwisata terbesar di Eropa.

Beberapa tour operator yang turut menghadiri pertemuan, antara lain, Thomas Cook, Rama Tours, OAD, NRV, 333Travel, Smaragd Reizen, dan Travel Media.

"Dengan pertemuan ini, kita juga harapkan adanya penguatan jejaring dengan tour operator di Belanda untuk mendukung program promosi kita ke depan," tambah Puja.

Wisatawan Belanda ke Indonesia hingga bulan Oktober 2017, sesuai data yang direlease Kemenpar RI tercatat sekitar 180 ribu wisatawan, meningkat sekitar 6% dibanding periode yang sama tahun lalu. Pada tahun 2016, wisatawan Belanda ke Indonesia berhasil tumbuh sekitar 16% menjadi sekitar 195 ribu pengunjung. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA