Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 29 Des 2017 17:50 WIB

TRAVEL NEWS

2.500 Lampion Akan Meriahkan Malam Pergantian Tahun di Borobudur

Pertiwi
Redaksi Travel
Ilustrasi Candi Borobudur yang dihiasi lentera (Arya Martin/dTarveler)
Ilustrasi Candi Borobudur yang dihiasi lentera (Arya Martin/d'Tarveler)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Magelang - Malam pergantian tahun di Candi Borobudur tidak kalah seru dengan tempat wisata lain di Indonesia. Nantinya akan ada acara penerbangan 2.500 lampion.

Pihak pengelola akan menggelar Borobudur Cultural Feast 2017 dan Borobudur Nite yang dimaksudkan sebagai embrio wisata malam dan wisata kaki lima Borobudur.

Event yang sudah masuk tahun kedua ini nantinya akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (30-31 Desember 2017) di halaman parkir Candi Borobudur, Taman Lumbini, dan Taman Aksobya.

"Pada acara Borobudur Cultural Feast (BCF) 2017 ini, panitia menyediakan 2 stand (48 unit) dan foodtruck (8 unit). Semuanya disediakan untuk diisi oleh warga sekitar yang akan menampilkan kuliner dan produk kreatif lokal," jelas Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono," di sela konferensi pers, Jumat (29/12/2017).

Edy menyebutkan, tahun 2016 lalu, BCF lebih dulu diawali dengan kegiatan Sonjo Kampung untuk merajut benang-benang kekerabatan, kebersamaan dan paseduluran yang terwujud dalam gerakan gotong royong menyongsong terwujudnya kemandirian olah gerak masyarakat desa.

Adapun untuk BFC 2017, sejumlah kegiatan akan digelar. Di antaranya pesta kuliner dan produk kreatif, panggung seni Borobudur, lomba kreasi masak beong, lomba kreasi busana Borobudur, pesta masak besar dan Balkondes Nite.

Selain itu, ada juga pertunjukan seni angklung, jathilan, keroncong, koes Plus mania, pertunjukan tarian tradisional, penampilan artis ibu kota dan lainnya.

"Puncak perayaan BCF 2017 adalah Borobudur Nite dengan tema Amazingly Wonderful Music, Art, Culture, and Lantern pada Minggu (31/12/2017) pukul 19.00 WIB. Penyanyi Andien akan tampil bersama sejumlah artis lainnya," terang Edy.

Koordinator acara Borobudur Nite, Ayu Dyah Pasha menambahkan, momen pergantian tahun di Candi Borobudur akan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Akan ada sebanyak 2.500 lampion berukuran 1,4 meter x 80 centimeter yang akan diterbangkan pada malam tahun baru. Lampion ini khusus didatangkan dari Thailand berikut tim ahli yang nantinya mendampingi para pengunjung dengan tujuan membimbing wisatawan agar tidak salah saat menerbangkan lampion," urai Ayu.

Konferensi Pers Borobudur Nite & Borobudur Cultural Feast 2017 (Pertiwi/detikTravel)Konferensi Pers Borobudur Nite & Borobudur Cultural Feast 2017 (Pertiwi/detikTravel)

Lampion-lampion tersebut, kata dia, akan diterbangkan serentak pada Minggu (31/12/2017) malam pukul 24.00 WIB. Sebelumnya, pengunjung lebih dulu diajak untuk mengheningkan cipta selama dua menit.

"Mereka juga diminta menuliskan harapan, doa, dan impian melalui kertas yang akan diterbangkan bersama lampion. Pada ketinggian tertentu, lampion ini akan hancur dengan sendirinya sehingga tidak sampai mengganggu penerbangan," ungkap Ayu.

Untuk bisa menikmati momen pergantian tahun baru, panitia menyediakan penjualan tiket melalui toko online dan waralaba. Tiket dibagi dalam tiga kelas, yakni Festival Rp 250 ribu, Gold Rp 500 ribu dan Platinum Rp 750 ribu. (msl/rdy)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED