Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jan 2018 14:50 WIB

TRAVEL NEWS

Motor & Mobil Tenggelam, Malah Jadi Magnet Para Penyelam

Farid Utina
Redaksi Travel
Foto: Mobil tenggelam jadi spot menarik buat para diver di Pohuwato (dok. POSSI Pohuwato)
Foto: Mobil tenggelam jadi spot menarik buat para diver di Pohuwato (dok. POSSI Pohuwato)
Gorontalo - Ada fenomena menarik di Gorontalo. Puluhan motor, dan mobil sengaja ditenggelamkan ke laut. Ternyata ini malah jadi spot favoritnya para penyelam.

Wisata bawah laut daerah paling barat Gorontalo yakni Kabupaten Pohuwato, tepatnya di Pulau Lahe, saat ini makin menawan. Pasalnya, di bawah laut terdapat beberapa kendaraan bermotor yang memiliki daya tarik bagi para diving untuk menyelam hingga ke dasar laut.

Sebelumnya, sekitar tahun 2015, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Pohuwato, meletakkan sebuah sepada motor Vespa jenis strada tahun 80-an di dasar laut. Hal itu kemudian mengundang banyak penyelam lokal hingga dari luar daerah Gorontalo untuk menyelam di laut Pohuwato.

Melihat banyaknya peminat yang hendak menyelam, POSSI kemudian kembali menurunkan ke dasar laut lebih dari 14 buah motor dan enam unit mobil pada akhir 2017. Motor yang diletakkan di dasar laut tersebut terdiri dari beberapa jenis, baik itu Honda, Suzuki, Yamaha dan lain lain. Sedangkan mobil, terdiri dari dua mobil ambulance, dua mobil kijang, satu mobil tangki air dan satu unit mobil truck.

Untuk menuju ke Pulau Lahe, masyarakat tidak perlu untuk mengeluarkan banyak biaya. Cukup dengan Rp 20 ribu per orang, masyarakat sudah bisa naik perahu pulang pergi dari bibir pantai Kecamatan Marisa untuk menuju Pulau Lahe.

(dok. POSSI Pohuwato)Foto: (dok POSSI Pohuwato)


Ketua POSSI Pohuwato, Achmad Djuuna kemarin menjelaskan, alhamdulillah saat ini sudah ratusan pengunjung yang datang ke Pulau Lahe untuk melihat pemandangan sekaligus pemandangan bawah lautnya. Ini pun tentu turut memberikan keuntungan tersendiri bagi para nelayan dan masyarakat sekitar, baik usaha perahu mereka hingga dagangan kecil-kecilannya.

"Alhamdulillah total kendaraan di bawah laut yang kami terjunkan terdiri dari 15 unit sepeda motor dan 6 unit mobil. hal ini banyak menarik minat dari wisatawan local dan bahkan mancanegara," jelas Achmad.

Destinasi wisata bawah laut ini sudah mulai dibuka dan terbuka untuk umum. Selain untuk menarik ikan dan menumbuhkan kembali terumbu karang, juga untuk menarik minat dari para diving untuk datang ke daerah Pohuwato.

Apalagi destinasi wisata bawah laut di Pohuwato tidak kalah dengan daerah-daerah lain yang ada di Indonesia. Baik itu di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan tempat-tempat lainnya.

"Ini nantinya akan jadi nilai jual untuk daerah Pohuwato ke depannya," ujar Achmad Djuuna.

Bahkan pada Mei 2018 mendatang, bakal dilaksanakan lomba renang antar pulau yang bakal diikuti oleh perenang-perenang diseluruh Indonesia.

"Lomba Finswimming Ini akan menjadi rutinitas setiap tahun yang akan kami laksanakan. Alhamdulillah di 2017 banyak yang ikut serta dalam kegiatan ini dan di 2018 kami akan melaksanakan yang lebih meriah serta lebih heboh lagi," pungkasnya. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Berkunjung ke Negeri Para Dewa

Senin, 25 Jun 2018 10:35 WIB

Yunani dikenal sebagai negeri Para Dewa. Di Athena, traveler bisa menikmati aneka bangunan bersejarah yang sudah bertahan sejak ratusan tahun silam.

Laporan dari Singapura

Spot Foto Mural Keren di Singapura

Senin, 25 Jun 2018 09:35 WIB

Traveler yang hobi berburu mural fotogenik, Singapura punya spot menarik untuk disambangi. Bukan Haji Lane, inilah Singapore Tunnel Art yang super keren.