Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 09 Feb 2018 18:20 WIB

TRAVEL NEWS

Ini Caranya untuk Capai 2 Juta Turis ke Borobudur di 2019

Usman Hadi
Redaksi Travel
Foto: Candi Borobudur di Magelang (Fitraya/detikTravel)
Foto: Candi Borobudur di Magelang (Fitraya/detikTravel)
Yogyakarta - Dua juta turis asing ditargetkan mengunjungi Borobudur di tahun 2019. Sejumlah cara pun dilakukan agar target tercapai.

Pemerintah menargetkan objek wisata Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, bisa mendatangkan dua juta wisatawan mancanegara di tahun 2019. Pemerintah sedang menyiapkan sejumlah hal supaya target tersebut tercapai.

"Tadi kan pak Menteri Pariwisata (Arief Yahya) targetin 2 juta turis atau 2 miliar dolar penerimaan di tahun 2019," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan seusai memimpin rapat koordinasi dewan pengarah (BOB) di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, Jumat (9/2/2018).

Agar target tersebut tercapai, lanjut Luhut, pihaknya sedang mengintegrasikan sejumlah kementerian seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan maupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

(Usman Hadi/detikTravel)(Usman Hadi/detikTravel)

"Jadi kita musti integrasikan semua, itu saja," sebutnya.

Sebelumnya, Luhut menyebut pengembangan objek wisata Borobudur sangat potensial. Bila target 2 juta turis terlampaui, pemerintah daerah akan menerima pemasukan yang cukup besar.

"Itu kira-kira bisa menciptakan Rp 14 triliun penerimaan untuk daerah," jelas Luhut usai menjadi pembicara kuliah umum di Auditorium Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta hari ini.

Untuk itu, sambung Luhut, pihaknya mengharapkan jalan dari New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo ke Borobudur terhubung. Kemudian diharapkan pembangunan NYIA yang saat ini sedang dibangun selesai tepat waktu.

"Tinggal masalahnya ada (warga terdampak) yang mereka belum datang ambil duitnya (pembebasan lahan NYIA) karena masalah administrasi. Ada yang di antara keluarga (terdampak) masih belum cocok. April akan selesai semua," pungkas dia. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED